Bisnis  

PUPR percepat penurunan kemiskinan ekstrem lewat infrastruktur

radarutama.com – Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) mempercepat penurunan kemiskinan ekstrem dan stunting di tahun 2024 melalui intervensi infrastruktur.

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengatakan, salah satu bentuk kolaborasi penataan kawasan secara terpadu salah satunya adalah penanganan kemiskinan ekstrim, yang dikoordinasikan oleh Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK).

“Dalam implementasinya, Kementerian PUPR akan meningkatkan pelaksanaan program infrastruktur berbasis masyarakat berdasarkan master plan yang disusun bersama dengan pemangku kepentingan lainnya,” ujar Menteri Basuki dalam Rapat Koordinasi Keterpaduan Pembangunan Infrastruktur dan Pengembangan Wilayah (Rakorbangwil) Bidang PUPR Tahun 2022 di Jakarta, Senin.

Intervensi infrastruktur PUPR sangat penting dalam rangka mempercepat penurunan kemiskinan ekstrem dan stunting di tahun 2024.

Sinergi dengan kementerian/lembaga lain seperti Kementerian Sosial dan pemda juga penting dalam keberhasilan penanganan program tersebut.

Kementerian PUPR melalui Badan Pengembangan Infrastruktur Wilayah (BPIW) menyelenggarakan Rapat Koordinasi Keterpaduan Pembangunan Infrastruktur dan Pengembangan Wilayah (Rakorbangwil) Bidang PUPR Tahun 2022, Senin (31/10).

Dengan mengusung tema “Mendorong Infrastruktur PUPR untuk Kemakmuran Rakyat”, Rakorbangwil tahun ini bertujuan menyusun dan menyepakati rencana pembangunan infrastruktur prioritas pada tahun 2024 melalui kolaborasi dan sinergi lintas Kementerian/Lembaga dan Pemerintah Daerah.

Dalam kesempatan sama, Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Muhadjir Effendy mengatakan Kementerian PUPR memiliki peran penting dalam penanganan kemiskinan ekstrem dan stunting melalui strategi kantong kemiskinan.

Beberapa peran Kementerian PUPR yang telah dirasakan manfaatnya oleh masyarakat diantaranya melalui penyediaan sekitar 55 ribu unit rumah layak huni, penyediaan sanitasi dasar dan sumber air minum di 17 lokasi kantong kemiskinan, serta pembangunan 9 lokasi pilot project kolaboratif bersama pemerintah daerah dan swasta.

“Apresiasi dan terima kasih atas upaya Kementerian PUPR dalam percepatan penghapusan kemiskinan ekstrem yang tentunya juga membantu dalam penyelesaiannya stunting. Selanjutnya, mari kita bersama-sama menyiapkan infrastruktur kemasyarakatan yang dapat memberikan dampak langsung pada kemakmuran rakyat,” kata Muhadjir.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *