3 Hal yang Pengaruhi Persepsi Masyarakat untuk Punya Asuransi

radarutama.com – PT BRI Asuransi Indonesia (BRI Insurance/ BRINS ) menilai pentingnya peran asuransi untuk proteksi diri dan aset yang dimiliki.

Direktur Operasional BRINS Sony Harsono mengatakan, ada 3 hal yang mempengaruhi pandangan masyarakat umum terhadap dunia asuransi.

“Pertama trust, kedua tingkat kebutuhan, dan yang ketiga yaitu harga. Premi asuransi akan menjadi mahal jika dilihat dari nilainya namun akan menjadi sangat murah bila dilihat dari manfaatnya,” ujar dia dalam keterangan pers, Sabtu (11/3/2023).

Padahal, ia bilang, tidak semua asuransi itu mahal. Contohnya BRINS memiliki asuransi mikro yang preminya hanya sebesar Rp 40.000 untuk asuransi mikro kerusakan tempat usaha.

Produk ini punya manfaat yang bisa didapatkan berupa santunan sebesar Rp 5 juta.

“(Manfaat) untuk memulai kembali usahanya” ujar Sony.

Sony menjelaskan, perusahaan terus berinovasi dalam hal pengembangan produk agar lebih dikenal oleh seluruh elemen masyarakat.

Selain itu BRINS memiliki komitmen kuat untuk memberikan layanan terbaik bagi setiap nasabah khususnya dalam hal klaim.

Menurutnya kepercayaan pada industri asuransi terletak pada komitmen perusahaan dalam membayarkan klaimnya.

Contoh dari komitmen BRINS yang telah memiliki bukti nyata serta testimoni adalah durasi klaim dari asuransi mikro yang hanya diproses sampai 5 hari saja.

Sementara itu, EVP Bisnis Syariah PT BRI Asuransi Indonesia Eka Indria Sari mengatakan, asuransi merupakan salah satu produk keuangan yang patut dipertimbangkan untuk dimiliki.

Produk asuransi dapat menjadi salah satu upaya dalam memproteksi kelangsungan usaha melalui upaya memperkecil resiko yang mungkin terjadi di masa depan.

BRINS memiliki unit usaha yang sesuai dengan prinsip syariah dan memenuhi fatwa Dewan Syariah Nasional Majelis Ulama Indonesia (DSN-MUI).

Dalam konsep pengelolaan asuransi syariah, premi yang dibayar tidak seluruhnya menjadi milik perusahaan asuransi, tetapi sebagian menjadi milik pemegang polis (Dana Tabarru’) dan sebagian lagi menjadi milik perusahaan (Dana Ujroh).

“BRINS Syariah memiliki 27 produk yang sesuai dengan kebutuhan masyarakat, diantaranya lini usaha properti, kendaraan bermotor, kredit, kecelakaan diri, dan lainnya,” lanjut Eka.

Kegiatan literasi edukasi ini diharapkan mendorong generasi muda untuk menciptakan gaya hidup yang sehat dengan mempersiapkan lingkungan dan keuangan yang teratur untuk masa depan. Hal tersebut disampaikan dalam Festival Literasi Halal.

BRINS berkolaborasi dengan Bank Indonesia (BI), Jawa Pos dan Universitas Airlangga menggelar Festival Literasi Halal sebagai upaya dari mendorong akselerasi peningkatan indeks literasi ekonomi syariah Indonesia di Universitas Airlangga, Surabaya, 9 Maret 2023.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram “Kompas.com News Update”, caranya klik link , kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!