radarutama.com – Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai Bali kembali menambah rute penerbangan domestik Balikpapan – Denpasar (PP) yang dioperasikan oleh maskapai Lion Air dengan frekuensi penerbangan dua kali seminggu,setiap hari Jumat dan Minggu.

“Hari ini Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai Bali melayani penerbangan perdana dari Balikpapan menuju Denpasar menggunakan maskapai Lion Air sehingga saat ini jumlahnya ada tiga rute yang kami layani khusus dari Balikpapan yakni maskapai Citilink Indonesia, AirAsia Indonesia dan Lion Air,” ujar General Manager Angkasa Pura I Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai Bali Handy Heryudhitiawan di Kabupaten Badung, Jumat.

Ia mengatakan, penerbangan perdana Lion Air tersebut merupakan awal yang baik karena penerbangan rute tersebut masih dilayani tiga penerbangan artinya peluang strategis tingkat keterisian kursi bisa lebih menjanjikan.

“Kami antusias menyambut penerbangan perdana Lion Air melalui seremonial penyambutan Water Salute dan berkolaborasi bersama Lion Air menyambut penumpang pertamanya Lion Air JT663 saat tiba diberikan pengalungan bunga,” katanya.

Pada pendaratan perdananya, penerbangan dengan nomor JT663 registrasi PK-LHY dari Balikpapan mendarat di Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai Bali tepat pukul 10.56 WITA dengan mengangkut sebanyak 83 penumpang.

Pesawat kemudian kembali menuju ke Bandara Internasional Sultan Haji Muhammad Sulaiman Sepinggan Balikpapan pukul 13.50 WITA membawa 61 orang penumpang.

Dalam hal pengembangan rute domestik, Handy Heryudhitiawan menambahkan bahwa PT Angkasa Pura I terus membuka peluang kepada maskapai lainnya untuk mengembangkan rute strategis sehingga memberikan pilihan beragam kepada calon penumpang

Hak itu dilakukan seiring memberikan nilai tambah terhadap peningkatan sektor aviasi dan sektor-sektor turunannya seperti pariwisata.

“Kami berharap semoga dengan dibukanya penerbangan perdana Balikpapan-Denpasar (PP) ini dapat beroperasi sesuai harapan dan selamat buat Lion Air kami siap memberikan dukungan agar operasionalnya terus berjalan lancar,” ungkapnya.

Hingga saat ini, Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai telah melayani 21 rute domestik dengan dilayani sebanyak 10 maskapai dan khusus catatan statistik penumpang rute Balikpapan berangkat maupun datang selama Januari-Agustus 2022 yaitu 44.600 penumpang yang telah terlayani.

“Suatu peluang yang baik jika maskapai dapat membuka rute penerbangan perdana kembali ataupun reaktivasi rute untuk pemulihan dari pandemi COVID-19,”ujar Handy Heryudhitiawan.