radarutama.com – PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk. atau BNI (kode saham: BBNI) meraih empat penghargaan dari Alpha Southeast Asia atas kinerja terbaik dalam menyediakan produk-produk treasury serta international banking unggulan bagi nasabah.

Keempat penghargaan tersebut antara lain The Best Corporate Treasury Sales and Structuring Team, The Best FX Bank for Structured Hedging Solutions and Proprietary Trading Ideas oleh Alpha Southeast Asia, The Best Trade Finance Bank in Indonesia, dan The Best Remittances Service Provider in Indonesia

Adapun, penghargaan bergengsi ini diserahkan langsung oleh CEO Alpha Southeast Asia Siddiq Bazarwala kepada General Manager BNI Treasury Rini Yuniar, dan Vice President Divisi Internasional BNI Ida Bagus Wid Dwipayana, di Jakarta, Kamis (8/9/2022).

Dalam kesempatan terpisah, Direktur Corporate & International Banking BNI Silvano Rumantir mengapresiasi Alpha Southeast Asia atas penghargaan yang telah dianugerahkan kepada BNI. Penghargaan The Best Corporate Treasury Sales and Structuring Team, The Best FX Bank for Structured Hedging Solutions and Proprietary Trading Ideas oleh Alpha Southeast Asia juga menjadi capaian yang berhasil dipertahankan BNI selama 4 tahun berturut-turut.

Menurutnya, kepercayaan dari nasabah kepada BNI ini merupakan sebuah semangat bagi perseroan untuk dapat terus memberikan layanan terbaik guna memberi nilai tambah bagi kebutuhan layanan solusi hedging atau lindung nilai.

“Penghargaan ini merupakan bentuk kepercayaan nasabah atas solusi hedging BNI. Kami akan terus mengembangkan layanan treasury dalam memenuhi kebutuhan setiap nasabah yang semakin berkembang,” katanya.

Silvano melanjutkan, transaksi derivatif tumbuh signifikan dalam kurun waktu dua tahun terakhir sebagai solusi hedging di tengah volatilitas kurs dan tren kenaikan suku bunga. Produk Interest Rate Swap (IRS) menjadi pilihan utama di tengah tren kenaikan suku bunga ini, diikuti pula oleh transaksi Cross Currency Swap (CCS) yang merupakan solusi lindung nilai yang dapat melindungi risiko kurs dan suku bunga.

Di tengah era digitalisasi, BNI melakukan inovasi dengan meluncurkan produk BNI FX sebagai salah satu sarana transaksi valuta asing nasabah. Bahkan, peluncuran BNI FX ini turut meningkatkan pertumbuhan volume transaksi forex BNI sebesar 48% secara tahunan YoY.

Luasnya cakupan bisnis treasury BNI tersebut telah memberikan kontribusi terhadap kinerja keuangan perusahaan, terutama dalam mencetak peningkatan fee based income BNI. Fee based income dari transaksi treasury tercatat telah berkontribusi signifikan terhadap total fee based income BNI pada semester pertama 2022.

Selanjutnya, Silvano menuturkan, penghargaan The Best Trade Finance in Indonesia merupakan sebuah pencapaian yang telah dipertahankan selama 16 tahun terakhir. BNI juga unggul dalam layanan international remittance sehingga memenangi kategori Best Remittances Service Provider in Indonesia untuk yang ke-12 kalinya.

“Keberhasilan BNI meraih penghargaan ini tidak lepas dari inovasi-inovasi dengan mengikuti market yang kompetitif dan customer-oriented”, ujarnya.

Silvano mengatakan, setiap produk yang disiapkan BNI untuk melayani nasabah pada transaksi-transaksi internasional ditopang oleh dukungan jaringan kantor cabang yang terbesar dimiliki oleh BNI.

Sejalan dengan keinginan BNI untuk meningkatkan inovasi digital, BNI juga terus meningkatkan sistem dan layanan remitansi melalui API Remittance yg terkoneksi dengan lebih dari 100 partner remittance company yang tersebar di seluruh dunia.

“Sebagai bank global, BNI memiliki jaringan yang luas di mancanegara dengan kantor cabang luar negeri di Singapura, Hong Kong, Tokyo, London, New York, Seoul dan Amsterdam. Untuk domestik produk dan layanan treasury, trade finance dan remittance dapat dilayani di kantor cabang BNI di seluruh Indonesia,” paparnya.***