Catat! Ridwan Kamil Janji Perbaiki 71 Ruas Jalan di Jabar

radarutama.com – Gubernur Jawa Barat (Jabar) Ridwan Kamil memastikan 71 ruas jalan di wilayah yang dipimpinnya segera diperbaiki. Perlu diketahui, proyek perbaikan infrastruktur ini sempat tertunda selama 2 tahun karena anggarannya dialokasikan untuk bantuan sosial COVID-19.

“Setelah 2 tahun tertunda karena anggaran infrastruktur yang tergeser untuk bantuan sosial COVID-19. Tahun 2023 ini, 71 ruas jalan di Jawa Barat segera diperbaiki. Januari-Maret tiap tahun adalah jadwal pelelangan proyek,” jelas Ridwan Kamil melalui melalui salah satu unggahan Instagramnya, dikutip Kamis (23/3/2023).

Lebih lanjut, Kang Emil (sapaan akrab Ridawan Kamil) menjelaskan pengerjaan 71 ruas jalan yang menjadi kewenangan Pemprov Jabar terbagi dalam tiga klasifikasi yaitu pemeliharaan berkala, rekonstruksi, dan peningkatan jalan.

Perbaikan 71 ruas jalan tersebut akan dibagi dalam 69 paket pekerjaan dan sebagian besar masuk dalam klasifikasi pemeliharaan berkala. Sementara itu dari 69 paket pekerjaan tersebut, 62 di antaranya adalah pemeliharaan berkala yang pemilihan penyedianya melalui e-katalog tanggal 19 Februari lalu sudah tayang.

“Kebanyakan dari total panjang ruas jalan 353,822 kilometer yang diperbaiki itu, klasifikasinya adalah pemeliharaan berkala, pelapisan kembali atau overlay dengan hotmiks,” ungkap Ridwan.

“Sudah berkontrak 62 paket dengan total panjang 337,342 kilometer. Beberapa paket pekerjaan akan di bulan Maret minggu ke dua dan selesai pada akhir bulan Juli. Tetapi untuk mengatasi kerusakan jalan berlubang melalui pemeliharaan rutin gerakan sapu lubang akan diupayakan tuntas agar menjelang Lebaran diselesaikan,” tambahnya lagi.

Sebagai informasi, ruas jalan yang diperbaiki hampir ada di setiap kabupaten/kota yang menjadi kewenangan Provinsi Jabar atau jalan Provinsi. Selain pekerjaan jalan, ada tiga jembatan yang diperbaiki, dua diganti yang satu dibangun, tiga jembatan itu di Kabupaten Bogor, Kabupaten Garut, dan Pangandaran.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!