radarutama.com – Adanya pabrik semen Singa Merah milik PT Semen Imasco Asiatic diharapkan tidak hanya mendorong kegiatan ekonomi masyarakat sekitar, tetapi juga menarik lebih banyak investasi masuk ke Kabupaten Jember.

Hal tersebut diungkapkan Ketua Dewan Pembina Yayasan Dewa Dewi Indonesia, Siti Mamduhah Ma’ruf Amin saat melakukan kunjungan ke kabupaten Jember.

Dalam kunjungan tersebut, Siti Mamduhah Ma’ruf Amin berkesempatan mengunjungi PT Semen Imasco Asiatic yang memiliki brand Semen Singa Merah. Selain melihat fasilitas pabrik semen terbesar di Jember ini, dirinya beserta rombongan juga berdialog dengan tenaga kerja perempuan serta berdiskusi bersama manajemen Singa Merah.

“Kami ingin mengetahui bagaimana praktek pemberdayaan masyarakat di sekitar pabrik. Kami juga berharap investasi pabrik semen Singa Merah ini mampu mendorong para investor lain di Tiongkok untuk berinvestasi di kabupaten Jember,” kata Siti Mamduhah Ma’ruf Amin, dikutip Sabtu (10/9/2022).

Selain itu, Siti Mamduhah Ma’ruf Amin menekankan signifikansinya potensi yang cukup besar di kabupaten Jember. Karena itu, pihaknya berharap dapat membantu serta bersinergi untuk membangun kabupaten Jember lebih baik.

“Baik itu di bidang pendidikan, seni budaya, infrastruktur, Kesehatan, serta ekonomi kerakyatan guna berperan aktif dalam berkontribusi serta turut memajukan perekonomian masyarakat kabupaten Jember,” ujarnya.

Sementara itu, Heidy M. Hidayat selaku ketua Yayasan Dewa Dewi Indonesia menegaskan bahwa pihaknya akan turut membantu meningkatkan kesejahteraan masyarakat Jember. Heidy bilang ada beberapa bidang yang potensial, diantaranya bidang pertanian, perikanan, dan peningkatan UMKM, serta bidang lainnya.

“Bekerjasama dengan stakeholder lokal sehingga semua harus terlibat untuk berkontribusi demi kemajuan dan kesejahteraan daerah,” kata Heidy M. Hidayat.

Adapun, bupati Jember Hendy Siswanto menyambut baik tawaran kerja sama dari yayasan Dewa Dewi Indonesia itu.

“Warga Jember sangat banyak, membutuhkan peluang kerja yang banyak,” tambah dia.

Pemkab Jember, sambung Hendy, akan menjalin kerja sama dalam bentuk MoU dengan yayasan guna pengembangan wisata di Jember. Seperti pengembangan wisata pantai Papuma.

Selain itu, Hendy menilai pabrik Semen Singa Merah itu merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari Jember. Pihaknya akan terus mendukung keberlangsungan pabrik itu agar warga bisa mendapatkan manfaatnya.

“Terutama dalam merekrut warga sekitar agar menjadi tenaga kerja di tempat tersebut. Sehingga angka pengangguran menurun,” kata Hendy.