Dolar di tertinggi dua bulan di awal sesi Asia jelang pidato Powell

Radar Utama – Dolar AS di level tertinggi dalam dua bulan di awal sesi Asia pada Jumat, berada di jalur kenaikan mingguan keenam berturut-turut, ketika pasar menunggu pidato Ketua Federal Reserve Jerome Powell untuk mengukur jalur kebijakan moneter.

Investor akan menganalisis pidato Powell mengenai kebijakan moneter di Simposium Kebijakan Ekonomi Jackson Hole pada Jumat pukul 10.05 waktu setempat (14.05 GMT) untuk lebih memahami apakah The Fed sudah selesai menaikkan suku bunganya dan berapa lama pihaknya berencana mempertahankan suku bunga tinggi.

Indeks dolar, yang mengukur greenback terhadap enam mata uang rivalnya, naik 0,019 persen menjadi 104,11, tertinggi sejak 7 Juni. Indeks ini naik 2,0 persen pada Agustus dan bersiap menghentikan penurunan dua bulan berturut-turutnya.

“Pasar memperkirakan Powell akan menggunakan platform ini malam ini untuk mengulangi retorika ‘lebih tinggi untuk jangka waktu lebih lama’ mengingat bagaimana perekonomian AS telah menunjukkan ketahanan relatif,” kata Christopher Wong, ahli strategi mata uang di OCBC di Singapura.

Wong mengatakan Powell kemungkinan besar akan menekankan bahwa hasil kebijakan masih sangat bergantung pada data ekonomi.

“Risikonya adalah pesan atau nada bicara Powell tidak terlalu hawkish seperti yang diharapkan,” kata Wong. “Dia tidak perlu bersikap dovish, namun pidato yang tidak terlalu hawkish bisa membuat dolar melemah.”

Dua pejabat Federal Reserve menyambut baik lonjakan imbal hasil pasar obligasi sebagai sesuatu yang dapat melengkapi upaya bank sentral AS untuk memperlambat perekonomian dan mengembalikan inflasi ke target 2,0 persen, sambil juga mencatat bahwa mereka melihat peluang bagus bahwa tidak ada lagi kenaikan suku bunga akan dibutuhkan.

Para pengambil kebijakan – Presiden Fed Philadelphia Patrick Harker dan Presiden Fed Boston Susan Collins – berbicara dalam wawancara terpisah pada Kamis (24/8/2023).

Data semalam juga menunjukkan bahwa jumlah orang Amerika yang mengajukan klaim baru untuk tunjangan pengangguran turun pada minggu lalu, karena kondisi pasar tenaga kerja yang tetap ketat.

Data ekonomi yang kuat baru-baru ini telah membantu meredakan kekhawatiran akan terjadinya resesi namun dengan inflasi yang masih di atas target The Fed, para investor khawatir bahwa bank sentral AS kemungkinan akan mempertahankan suku bunga lebih tinggi dalam jangka waktu yang lebih lama.

“Meskipun tampaknya The Fed akan melakukan kenaikan suku bunga; berapa lama mereka akan mempertahankan suku bunga stabil pada level ini? Itu adalah pertanyaan jutaan dolar,” kata Tom Hopkins, manajer portofolio di BRI Wealth Management.

“Pasar memperkirakan bank sentral untuk mulai menurunkan suku bunga pada Mei tahun depan, namun saya skeptis terhadap hal ini karena gambaran ekonomi mungkin tidak membenarkan pelonggaran moneter.”

Pasar berjangka memperkirakan suku bunga pinjaman overnight The Fed akan tetap di atas 5,0 persen hingga Juni 2024, dengan penurunan suku bunga sekitar 100 basis poin di paruh kedua. Pasar pada awal Agustus memperkirakan pemotongan sekitar 130 basis poin pada tahun depan.

Dalam mata uang lainnya, euro turun 0,17 persen menjadi 1,0791 dolar, sementara sterling berada di 1,2587 dolar, turun 0,10 persen hari ini. Kedua mata uang tersebut berada di posisi terendah dalam dua bulan.

Yen melemah 0,18 persen menjadi 146,10 per dolar karena mata uang Asia tersebut melampaui tingkat intervensi pemerintah Jepang tahun lalu, membuat para pedagang tetap waspada mencari tanda-tanda tindakan serupa kali ini.

Dolar Australia turun 0,05 persen menjadi 0,642 dolar AS, sedangkan dolar Selandia Baru turun 0,02 persen menjadi 0,592 dolar AS.

error: Content is protected !!