Festival Sumpah Pemuda Kepri masuk Kalendar Pariwisata 2023

radarutama.com – Gubernur Kepulauan Riau (Kepri) Ansar Ahmad menyebutkan Festival Sumpah Pemuda masuk ke dalam Kalendar Pariwisata Internasional 2023 setelah dinilai sukses digelar perdana pada tahun 2022.

Ansar menyampaikan apresiasi kepada panitia pelaksana kegiatan Festival Sumpah Pemuda Kepri 2022 yang telah mempersiapkan acara itu dengan maksimal hingga mampu mendatangkan ribuan pengunjung.

“Kegiatan ini akan dievaluasi dan dilaksanakan lebih meriah lagi pada tahun depan. Bahkan berskala internasional untuk mendatangkan wisatawan dalam dan luar negeri,” kata Gubernur Ansar di Tanjungpinang, Kepri, Sabtu.

Festival Sumpah Pemuda Kepri 2022 dipusatkan di Jalan Merdeka, Kota Tanjungpinang, Jumat (28/10).

Acara itu diisi dengan berbagai agenda yang melibatkan ribuan pemuda dan kalangan pelajar, antara lain karnaval budaya, bazar UMKM kepemudaan, pameran fotografi, aneka lomba dari mulai melukis, mewarnai, tik tok, modern dance, bercerita, hingga mengirim surat untuk Gubernur Kepri Ansar Ahmad.

Menurut Ansar, perhelatan ini juga meramaikan kembali area kota lama yang sempat terasa sepi beberapa tahun belakangan, terutama selama pandemi COVID-19.

Ini merupakan acara ketiga yang diselenggarakan dengan mengambil latar Jalan Merdeka di tahun 2022 setelah Festival Kopi Merdeka dan HUT Ke-20 Provinsi Kepri.

“Ini juga sejalan dengan salah satu proyek strategis kami dalam mempercantik Kota Tanjungpinang agar bisa benar-benar menjadi Ibukota Provinsi Kepri, yakni dengan melakukan revitalisasi Jalan Merdeka yang sedang berlangsung pengerjaannya,” ungkap Ansar.

Ia menyebut kini bangunan ruko sepanjang Jalan Merdeka sudah dirapikan, dicat dengan berbagai warna, dan trotoar yang rapi tanpa ada kabel-kabel berseliweran.

“Saya merasa bahagia dan bersuka cita dapat merayakan peringatan Hari Sumpah Pemuda yang sejak saya kecil sampai sekarang. Ini merupakan yang terbesar yang dilaksanakan di Provinsi Kepri, Kota Tanjungpinang khususnya,” ungkap Ansar.

Dia berharap Festival Sumpah Pemuda Kepri menjadi ajang meningkatkan kreativitas dan semangat pemuda untuk berkarya membangun kreativitas. Apalagi di era revolusi 4.0 saat ini, lanjutnya, pemuda harus mampu bersaing di berbagai bidang digital.

“Festival ini selain mendorong kreativitas para pemuda, juga jadi ajang meningkatkan ekonomi sekaligus mempromosikan Kota Tanjungpinang sebagai salah satu daerah wisata unggulan Kepri,” demikian Ansar.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *