Gurita Bisnis Gudang Garam yang Janjikan Triliunan ke Luhut

radarutama.com – Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Pandjaitan belum lama ini bercerita bahwa pendiri perusahaan Gudang Garam, Susilo Wonowidjojo menghadap dirinya saat masih menjabat sebagai Menteri ESDM ketika 2016 lalu, dan menginisiasi pembangunan Bandara Internasional Dhoho di Kediri.

Meski sempat mengalami permasalahan lahan, kini pembangunan bandara milik konglomerat rokok Gudang Garam berlanjut hingga nanti beroperasi ditargetkan pada Oktober 2023 dengan nilai investasi mencapai Rp 10,8 triliun, dengan rincian Rp 6,6 triliun pada tahap pertama, Rp 1,2 triliun tahap kedua, dan Rp 3 triliun tahap ketiga.

Besarnya angka tersebut membuat banyak masyarakat bertanya-tanya, apakah Gudang Garam bisa menjanjikan nilai investasi itu hanya dengan melakukan aktivitas di di industri rokok tanah air saja?

Sebagian orang memang mungkin hanya tahu Gudang Garam sebagai produsen rokok saja. Namun faktanya, perusahaan tersebut punya bisnis yang bergerak di berbagai bidang, dengan produksi rokok sebagai bisnis utamanya.

Melansir dari situs resmi perusahaan, diketahui bahwa Gudang Garam memiliki setidaknya sepuluh (10) anak perusahaan. Adapun dua dari sepuluh anak perusahaan ini menaungi anak perusahaan lainnya, yang tentu saja menjadi cucu perusahaan Gudang Garam.

1. PT SURYA PAMENANG : Industri Kertas

2. PT SURYA MADISTRINDO : Perdagangan

3. PT SURYA AIR : Jasa Transportasi Udara Tidak Terjadwal

4. PT GRAHA SURYA MEDIA : Jasa Hiburan

– Menaungi PT SURYA WISATA : Pengusahaan Objek Wisata

5. PT SURYA INTI TEMBAKAU : Industri Pengolahan Tembakau

6. PT SURYA ABADI SEMESTA : Industri Peralatan Pelindung Keselamatan

7. GALAXY PRIME LTD. : Jasa Transportasi Udara Tidak Terjadwal

8. PT SURYA DHOHO INVESTAMA : Investasi

9. PRIME GALAXY LTD. : Jasa Transportasi Udara Tidak Terjadwal

10. PT SURYA KERTA AGUNG : Konstruksi

– Menaungi PT SURYA KERTAAGUNG TOLL : Konstruksi

Untuk Bandara Dhoho sendiri,pembangunannya dibangun oleh anak usaha perusahaan Gudang Garam yang bernama PT Surya Dhoho Investama yang 99% sahamnya dimiliki perusahaan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!