Ini Kontribusi BYAN Terhadap Masyarakat Sekitar Tambang

radarutama.comJakarta, CNBC Indonesia– PT Bayan Resources Tbk (BYAN) yang juga beroperasi di Kalimantan Timur turut berperan dan konsisten memberdayakan masyarakat sekitar. Salah satunya adalah pembangunan infrastruktur jalan, jembatan, hingga tower telekomunikasi yang bertujuan untuk meningkatkan perekonomian di daerah setempat.

KTT PT Fajar Sakti Prima Arifin Batung menyebut, masyarakat sudah merasakan manfaat dari kontribusi Bayan Resources. Di mana hal ini meningkatkan perekonomian karena infrastruktur jalan mempermudah untuk menyalurkan perekonomian dari masyarakat.

“Harapan perusahaan adalah yang pertama adalah kita meningkatkan perekonomian lingkar tambang yang ada di sekitar tambang kita,” kata dia kepada CNBC Indonesia dikutip Jumat (28/10/2022).

Sementara itu Kepala Desa Muara Ritan Ardy Maroni mengaku infrastruktur jalan dan jembatan sangat penting bagi masyarakat pedalaman yang ada di Kutai Kartanegara, khususnya Kecamatan Tabang.

“Adanya jembatan ini tentunya kita sangat mengapresiasi stakeholder yang sudah berperan aktif untuk bisa mengembangkan dan melengkapi infrastruktur yang ada di sini. Harapannya ke depan tentu ini bisa menjadi motor untuk penggerak perekonomian masyarakat agar kedepan bisa lebih maju,” terang dia.

Infrastruktur lain yang dirasakan manfaatnya oleh masyarakat sekitar adalah tower. Coal Chain and Operation Department Head Bayan Resources Sumartono mengungkapkan bahwa pembangunan tower diperlukan untuk mendukung perkembangan teknologi informasi di wilayah operasional perusahaan.

“Saat ini sudah mulai terbangun sekitar 10 tower. Ke depannya akan 19 tower dalam waktu dekat, dari mulai menghubungkan Kutai Timur, Kutai Kartanegara, sampai dengan budaya barat,” ungkap dia.

Bahkan menurut dia, saat ini Bayan Resources menjalin kerja sama dengan Telkom untuk membangun jaringan fiber optik hingga ratusan kilometer. Dia berharap, dengan adanya tower tersebut, masyarakat bisa berkomunikasi secara lancar melalui teknologi informasi.

Diketahui keberadaan tower telekomunikasi tersebut bermanfaat bagi masyarakat sekitar sejak masa pandemi Covid-19, khususnya saat pelaksanaan kegiatan belajar mengajar anak sekolah yang terpaksa dilakukan secara daring.

Kepala Desa Ritan Baru Budi Siswono menyebut desa yang paling ujung atau Kecamatan Tenggarong sangat kesulitan sebelum adanya tower. Sehingga wilayah tersebut kesulitan dalam melakukan komunikasi dan harus melalui surat.

Adapun kehadiran tower tersebut kemudian memudahkan dia untuk berkomunikasi dengan keluarga yang jauh yang selama ini tidak bisa komunikasi dengan mudah.

“Keberadaan infrastruktur jalan serta tower telekomunikasi sudah menjadi hal yang sangat mendasar masyarakat sekitar turut merasakan akan hadirnya pemerataan pembangunan,” ujar dia.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *