JK Ungkap Garbarata Buatan RI Kuasai Pasar Dunia

radarutama.com – PT Bukaka Teknik Utama merupakan satu-satunya produsen passenger boarding bridge atau garbarata di Indonesia. Di dunia sendiri hanya ada 6 perusahaan yang memproduksi garabarata, Bukaka salah satunya.

Hal tersebut diungkap mantan Wakil Presiden Jusuf Kalla dalam perayaan ulang tahun ke 70 Kalla Group. Bukaka sendiri merupakan salah satu perusahaan milik Kalla Group.

Eks Wakil Presiden itu mengatakan di Indonesia, garabarata Bukaka sudah ada di hampir semua bandara. Bahkan di berbagai negara, produk Bukaka memimpin dominasi pasar garabarata. Baik di Singapura, Thailand, hingga ke Jepang.

“Ke manapun bapak-bapak pergi di Indonesia ini selalu lewati jembatan Bukaka. Bahkan, di Singapura 50% itu garbarata Bukaka, di Bangkok, di Jepang juga banyak,” ungkap Jusuf Kalla dalam acara yang dihelat di Grand Ballroom Kempinski Jakarta Pusat, Jumat (28/10/2022).

Lebih lanjut, baru-baru ini Bukaka dipamerkan Jusuf Kalla baru saja melakukan ekspansi besar-besaran di India.

“Sekarang India. Hampir semua bandara baru di India garbarata-nya made in Indonesia,” ungkap Jusuf Kalla.

Lucunya, Jusuf Kalla bilang selama ini Bukaka sangat sulit mendobrak pasar timur tengah. Bahkan dia sempat berkelakar, meskipun sama-sama negara dengan mayoritas penduduk islam, negara-negara timur tengah tetap belum mau melirik garbarata pabrikan Bukaka.

“Kami hanya gagal di timur tengah, meskipun kita sempat assalamualaikum kita sesama negara islam.’ Tetap tak ngaruh. Dia lebih suka buatan Eropa,” ungkap Jusuf Kalla.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *