Minyak tergelincir di Asia tertekan kekhawatiran permintaan global

radarutama.com – Minyak tergelincir di perdagangan Asia pada Kamis sore, di tengah kekhawatiran tentang meningkatnya persediaan minyak mentah AS dan kekhawatiran tentang lebih banyak kenaikan suku bunga di Eropa yang berpotensi memukul pertumbuhan, memangkas kenaikan minggu ini di tengah tanda-tanda rebound ekonomi yang kuat di China.

Minyak mentah berjangka Brent turun 13 sen atau 0,15 persen, menjadi diperdagangkan di 84,18 dolar AS per barel pada pukul 07.15 GMT. Sementara itu, minyak mentah berjangka West Texas Intermediate (WTI) AS merosot 17 sen atau 0,2 persen, menjadi diperdagangkan pada 77,52 dolar AS per barel.

Kedua kontrak naik sekitar 1,0 persen di sesi sebelumnya setelah data menunjukkan aktivitas manufaktur di China pada Februari tumbuh pada laju tercepat dalam lebih dari satu dekade, menambah bukti rebound ekonomi di ekonomi terbesar kedua di dunia itu setelah penghapusan aturan ketat pembatasan COVID-19.

Namun, penumpukan stok minyak mentah selama sepuluh minggu berturut-turut di Amerika Serikat menekan pasar.

Persediaan minyak mentah AS naik 1,2 juta barel dalam pekan yang berakhir 24 Februari menjadi 480,2 juta barel, level tertinggi sejak Mei 2021, Badan Informasi Energi (EIA) melaporkan. Para analis yang disurvei oleh Reuters memperkirakan kenaikan 500.000 barel.

Namun demikian, rekor ekspor minyak mentah AS membuat peningkatan lebih kecil dari dalam beberapa minggu terakhir, dengan pengiriman meningkat menjadi 5,6 juta barel per hari (bph) minggu lalu, menurut EIA.

Minyak juga dilanda ketidakpastian prospek permintaan global secara keseluruhan, membuat harga “sebagian besar tidak berubah,” kata Serena Huang, kepala analisis APAC di perusahaan analitik Vortexa.

Ekspektasi kenaikan suku bunga oleh Bank Sentral Eropa (ECB) meningkat setelah inflasi di Jerman, ekonomi terbesar Eropa, naik lebih dari yang diperkirakan pada Februari, dengan harga pangan dan energi meningkat meskipun ada langkah-langkah bantuan.

Ini terjadi setelah Prancis dan Spanyol, juga ekonomi utama di Eropa, membukukan kenaikan inflasi yang tidak terduga.

Di AS, manufaktur mengalami kontraksi selama empat bulan berturut-turut pada Februari, meskipun ada tanda-tanda bahwa aktivitas pabrik-pabrik mulai stabil, dengan sejumlah pesanan baru turun dari level terendah lebih dari 2,5 tahun.

“Inflasi Jerman menimbulkan kekhawatiran bahwa ECB harus lebih agresif dengan siklus pengetatannya. Data AS menunjukkan ekonomi masih melambat tetapi beberapa bagian membaik,” kata Edward Moya, analis pasar senior di OANDA, dalam sebuah catatan.

“Minyak sepertinya akan tetap terjebak dalam kisaran perdagangan ketat, tetapi risikonya jelas positif. Beberapa pedagang mungkin menunggu sampai kita mendapatkan pemahaman yang lebih baik tentang apa yang akan menjadi suku bunga puncak setelah laporan data penggajian Jumat depan (10/3/2023).”

Sementara itu, minyak mentah yang diproses oleh penyuling-penyuling India mencapai rekor tertinggi pada Januari, data pemerintah sementara pada Rabu (1/3/2023) menunjukkan, karena negara tersebut meningkatkan impor barel Rusia yang dijauhi oleh negara-negara Barat.

Throughput (tingkat pengolahan) kilang-kilang di importir dan konsumen minyak terbesar ketiga di dunia itu mencapai 5,39 juta barel per hari untuk Januari, tertinggi sejak catatan Reuters pada 2009.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!