radarutama.com – European Central Bank (ECB) alias Bank Sentral Uni Eropa menaikkan suku bunga acuan langsung 75 basis poin. Bunga dinaikkan tinggi demi melawan inflasi yang sudah menggila.

Suku bunga di 19 negara Eropa naik menjadi 0,75% setelah keputusan ECB tersebut. Ini merupakan kenaikan pertama sejak Julli 2011 saat ECB memutuskan untuk memasang bunga di nol persen.

“Rapat dewan gubernur sudah mengambil keputusan, dan diharapkan bunga masih bisa naik karena inflasi masih terlalu tinggi dan bisa menembus prediksi yang sudah kami tetapkan,” kata ECB dikutip dari CNN, Jumat (9/9/2022).

Inflasi di Uni Eropa sudah mencapai 9,1% Agustus lalu. Pemicunya harga listrik, gas, BBM, hingga pangan yang naik tinggi.

Eropa sendiri sedang berusaha keras untuk tidak lagi bergantung kepada minyak dan gas Rusia sejak invasi Ukraina Februari.

Rusia memang sudah mulai mengurangi kiriman gasnya ke Jerman dan negara Eropa lain. Akibatnya, harga-harga melonjak dan memaksa setiap negara mengeluarkan subsidi untuk rakyatnya.