Pelindo Jasa Maritim-Humpuss kerja sama kembangkan jasa kepelabuhanan

Radar Utama – PT Pelindo Jasa Maritim (PJM) dan PT Humpuss Intermoda Transportasi Tbk (HITS) menandatangani nota kesepahaman (MoU) kerja sama dalam mengembangkan jasa kepelabuhanan di Indonesia.

Penandatanganan MoU itu dilakukan di Jakarta, Rabu (23/8). Kedua perusahaan bersepakat untuk memulai kolaborasi dalam mengembangkan program kemitraan di bidang pelayanan jasa kepelabuhanan, jasa pendukung kepelabuhanan, dan jasa maritim lainnya di lingkungan PT Pelindo (Persero).

“HITS dan PJM secara bersama-sama akan mengoptimalkan potensi bisnis dan sumber daya yang dimiliki oleh kedua perusahaan untuk mengoptimalkan sektor maritim untuk kemajuan berkelanjutan,” kata Direktur Utama HITS Tonny Aulia Achmad melalui keterangan yang diterima di New Delhi, India, Kamis.

Ia mengatakan dalam proses kelanjutan kerja sama tersebut, kedua perusahaan akan membentuk tim bersama yang akan melakukan kajian rencana kerja sama secara mendalam.

“Di samping itu, kedua perusahaan juga akan menjajaki potensi kerja sama lain yang sejalan dengan keahlian masing-masing,” kata Tonny.

Ia juga menjelaskan dalam pelaksanaan operasionalnya nanti, HITS selaku holding dari PT Humpuss Maritim Internasional Tbk (HUMI) akan menyerahkannya pada entitas anak sesuai dengan segmen bisnisnya masing-masing.

“Baik untuk jasa sewa kapal, termasuk kapal penunjang lepas pantai, penunjang armada laut, yaitu kapal tunda dan pandu, pelatihan awak kapal, dan sertifikasi serta dregging/kapal keruk,” ujarnya.

Sebelumnya, HITS juga telah menandatangani MoU dengan PT Padoma Global Neo Energi, perusahaan pengelolaan energi termasuk penyedia dan infrastruktur gas alam cair atau liquefied natural gas (LNG) di Papua.

Kedua perusahaan bersepakat untuk menjalankan kerja sama di bidang pelayanan dan jasa transportasi dan distribusi energi sekaligus secara bersama-sama memasarkan dan mengelola LNG yang berasal dari Papua Barat.

Sementara, Direktur Utama SPJM Prasetyadi mengatakan tim Bersama tersebut akan fokus pada evaluasi pelayanan jasa kapal, peralatan, dan pengerukan pelabuhan di lingkungan Pelindo.

“Kajian ini akan dilakukan berdasarkan skala prioritas dan manfaat yang akan diperoleh oleh kedua belah pihak” ucap Prasetyadi.

Ia menuturkan dalam semangat saling membantu dan mendukung serta mengacu pada peraturan perundang-undangan yang berlaku, perseroan mengharapkan terciptanya sinergi yang kuat antara kedua belah pihak.

“Kolaborasi ini diarahkan untuk mencapai manfaat saling menguntungkan dan mendukung prinsip-prinsip good corporate governance, dengan mengedepankan prinsip saling menguntungkan dan kepatuhan terhadap ketentuan hukum yang berlaku di Indonesia,” kata Prasetyadi.

error: Content is protected !!