Pelni Jayapura siapkan lima armada kapal jelang Natal dan Tahun Baru

Radar Utama – PT Pelni Cabang Jayapura, Papua telah mempersiapkan lima armada kapal penumpang guna mengantisipasi lonjakan penumpang arus mudik perayaan Natal 2023 dan Tahun Baru 2024.

Kepala PT Pelni Cabang Jayapura, Slamat Yanuardi di Jayapura, Rabu, mengatakan lonjakan penumpang diprediksikan pada 22 Desember 2023.

Menurut dia,lima armada kapal penumpang yakni KM Ciremai, Sinabung, Gunung Dempo, Labobar dan Dobonsolo.

“Kelima armada tersebut telah disiapkan Kementerian Perhubungan mengantisipasi lonjakan penumpang Natal dan Tahun Baru 2024,” katanya.

Menurut Slamat kelima armada kapal penumpang tersebut ada tiga armada kapal yang akan melayani penumpang khusus dalam Papua.

“Rute pelayaran dalam Papua yakni Jayapura, Biak, Serui, Nabire, Manokwari, dan Sorong. untuk keberangkatan domestik yang paling di minati rute Ambon dan Manado,” ujarnya.

Dia menjelaskan selama Desember akan ada 14 kali kunjungan kapal untuk Pelabuhan Jayapura dengan adanya penambahan tiga kapal rute dalam Papua sehingga diharapkan ini bisa mengurai kepadatan penumpang seperti tahun sebelumnya.

“Karena di Kota Jayapura untuk Natal dan Tahun Baru merupakan penumpang yang terpadat sehingga kami menyiapkan kapal dengan rute khusus,” katanya.

Dia menambahkan pihaknya menghimbau kepada para pengguna transportasi laut agar membeli tiket jauh-jauh hari di loket Pelni atau aplikasi mobile Pelni sehingga dapat mengatur jadwal keberangkatan dengan baik.

“Untuk tiket hingga saat ini masih tersedia. Masyarakat cukup membeli tiket melalui aplikasi mobile Pelni sehingga dapat memudahkan mendapatkan tiket,” ujarnya.

error: Content is protected !!