Perkuat Digitalisasi, Ini Strategi BRI 4 Tahun ke Depan

radarutama.comJakarta, CNBC Indonesia – PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk secara berkelanjutan terus mengakselerasi transformasi digitalnya. Menghadapi hal itu, BRI mempersiapkan strategi digitalisasi dengan tiga fokus utama untuk 3 sampai 4 tahun ke depan.

Direktur Digital dan Teknologi Informasi BRI, Arga M. Nugraha mengatakan tahun ini perseroan melanjutkan proses transformasi digital untuk fokus 3-4 tahun ke depan dengan tiga inisiatif utama.

Pertama, fokus dengan membangun resiliensi pada sistem yang dimiliki. Dalam fokus ini, BRI akan memperkuat pusat data, mengokohkan stabilitas dan skalabilitas infrastruktur komputasi awan, serta meningkatkan skalabilitas, kecepatan hingga ketahanan pengalaman nasabah dalam mengakses aplikasi.

“Perseroan pun akan mengoptimalkan pengelolaan portofolio aplikasinya. Selain itu, BRI juga terus melakukan inovasi sehingga aplikasi tersebut bisa aplikatif khususnya bagi nasabah di area rural,” ujarnya dalam keterangan tertulis, Kamis (23/3/2023).

Fokus kedua adalah open banking, yakni dengan menyederhanakan, mempermudah desain dan pengembangan layanan. Kemudian memasarkannya kepada pelanggan dan mitra perseroan melalui aplikasi BRIAPI.

Strategi ketiga adalah mendorong dan menanamkan program BRIBrain yang lebih analitis terkait data dari produk yang diakses nasabah. Adapun BRIBrain merupakan salah satu ‘pusat otak’ BRI yang berbasis kecerdasan buatan atau AI.

Manajemen perusahaan, lanjut Arga, memiliki BRIBrain Academy sebagai program menyeluruh untuk mengembangkan inisiatif dan memupuk talenta AI.

Hal tersebut bertujuan untuk meningkatkan customer engagement, anti fraud and risk analytics. credit underwriting, hingga smart services and operations. Inisiatif-inisiatif strategis yang diambil tersebut tak terlepas dari transformasi digital BRI yang terus memperlihatkan kesuksesan.

Bukti nyatanya yakni saat membawa BRI melewati masa sulit akibat krisis karena pandemi pada 2020. Pada saat itu kinerja keuangan BRI membukukan laba bersih hingga Rp 18,66 triliun. Kemudian meningkat pada 2022 menjadi Rp 31 triliun.

“Puncaknya pada 2022 tatkala BRI mencatatkan prestasi sebagai perbankan yang memperoleh laba terbesar sepanjang sejarah yakni mencapai Rp 51,4 triliun,” pungkasnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!