PLN Tambah 40 MVA Listrik Premium ke Perusahaan Data Center Jakarta

radarutama.com – PT PLN (Persero) menandatangani perjanjian layanan listrik premium dengan perusahaan data center PT Ekagrata Data Gemilang (EDGE DC) di Jakarta. Lewat kerja sama ini diharapkan dapat mendukung tumbuhnya industri data center di Indonesia.

Diketahui, EDGE DC menambah kapasitas daya sebesar 40 Mega Volt Ampere (MVA) untuk Data Center 2 yang berada di kawasan Setiabudi, Jakarta Selatan dan masuk dalam pelanggan Premium PLN. Sebelumnya pada bulan Mei 2022, PLN juga telah menyuplai listrik sebesar 18 MVA untuk data center EDGE 1 di kawasan Tendean.

EDGE DC akan disuplai dari dua sumber listrik berbeda yang dilengkapi dengan sistem Automatic Changer Over (ACO) sebagai pemindah sumber listrik otomatis apabila terjadi gangguan padam pada sumber listrik utama.

General Manager PLN Unit Induk Distribusi (UID) Jakarta Raya, Doddy B. Pangaribuan menjelaskan pihaknya siap memberikan layanan terbaik bagi para pelanggan Premium.

Dikatakannya hingga Juli 2022, terdapat 2.750 pelanggan yang menikmati layanan premium dengan total daya mencapai 948 MVA tersebar di seluruh DKI Jakarta. Dia menjelaskan DKI Jakarta sendiri dipasok oleh 6 sub-sistem dengan total kapasitas 8.535 Megawatt (MW) dan beban puncak tertinggi pada 2022 sebesar 5.515 MW.

“Masih ada cadangan pasokan listrik sebesar 35 persen untuk memenuhi potensi kebutuhan listrik di Jakarta,” ujar Doddy dalam keterangan tertulis, Sabtu (10/9/2022).

Ia menjelaskan proyeksi penggunaan listrik untuk data center di kawasan Jakarta tahun 2022 diperkirakan sebesar 300 MVA. Menurutnya ke depan jumlah tersebut masih akan terus bertambah. Dengan adanya kapasitas daya pasok listrik yang cukup besar, PLN yakin dapat memenuhi kebutuhan listrik tersebut.

“Harapan kami pertumbuhan data center di Jakarta berkembang dan tentunya PLN menjadi pilihan utama untuk urusan suplai listriknya,” ungkap Doddy.

Sementara itu, CEO EDGE DC Stephanus Oscar mengapresiasi pelayanan dari PLN yang cepat tanggap memenuhi kebutuhan pelanggan.

“Dengan adanya layanan Premium dari PLN, kami menjadi semakin dan semakin percaya diri dalam memenuhi kebutuhan para pengguna data center kami,” tukasnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!