Rencana Besar Hubungkan RI-Malaysia Via Jembatan/Terowongan 120 Km

radarutama.com – Indonesia dan Malaysia akan terhubung dengan jembatan melalui Dumai di Sumatera sampai ke Telok Gong di Masjid Tanah, Melaka, Malaysia. Diperkirakan jembatan itu akan sepanjang 120 km.

Rute baru menghubungkan Malaysia dan Indonesia akan dikembangkan dengan kerja sama sektor swasta. Ketika selesai, jembatan itu diklaim akan berdampak besar pada perkembangan ekonomi kedua negara

Ketua Komite Investasi, Industri, Pengembangan Wirausaha, dan Koperasi Melaka Ab Rauf Yusoh mengatakan pembangunan terowongan atau jembatan akan memakan waktu 20 tahun untuk diselesaikan.

“Usulan proyek tersebut telah diajukan oleh pihak swasta dan kedua negara pada prinsipnya telah sepakat untuk melakukan studi rinci mengenai hal tersebut,” katanya. dikutip dari Channel News Asia (CNA),yang melansir Bernama, dikutip Jumat (9/9/2022)

“Dari pihak pemerintah negara bagian, kami telah membawa semua instansi pemerintah untuk mengunjungi daerah di mana rute baru yang diusulkan akan dibangun kemarin,” lanjutnya.

Ab Rauf mengatakan proyek yang akan dibangun dengan konsep “One Belt, One Road” ini akan menjadi ikon baru bagi Malaysia dan Indonesia. Proyek ini juga akan melibatkan pembangunan infrastruktur lainnya, termasuk area penyebaran lalu lintas dan kompleks imigrasi, bea cukai, karantina dan keamanan.

Kawasan industri baru akan dikembangkan secara bertahap di Masjid Tanah seluas sekitar 2.023 ha. Pengembangan kawasan itu akan dilakukan oleh Melaka Corporation dan diharapkan juga berkontribusi pada pembukaan kota baru di Masjid Tanah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!