Tancap Gas! RI Mau Cari ‘Harta Karun’ Energi di Lokasi Ini

radarutama.com – Indonesia memiliki potensi ‘harta karun’ energi baru terbarukan (EBT) yang melimpah, salah satunya panas bumi. Bahkan, sumber daya energi panas bumi di Indonesia disebut-sebut sebagai salah satu terbesar di dunia.

Upaya pencarian atau eksplorasi panas bumi ini terus dilakukan pemerintah. Tahun ini, pencarian panas bumi rencananya dilakukan di dua lokasi.

“2023 itu eksplorasi di Maluku ya, di Pulau Seram, Maluku dan eksplorasi di Solok, Sumatera Barat 2023 ya, tahun ini,” kata Kepala Badan Geologi Sugeng Mujiyanto di Kementerian ESDM, Jakarta Pusat, Kamis (2/3/2023).

Persiapan untuk mencari harta karun energi tersebut tengah dipersiapkan. Ada berbagai aspek yang perlu diselesaikan, salah satunya persoalan lahan.

“Kalau itu kan tidak lepas dari aspek sosialnya. Misalnya, itu tanahnya tanah wilayahnya masyarakat, terus masyarakatnya nggak boleh kan harus ada prosesnya terkait dengan sosial. Makanya sosialnya harus kita selesaikan. Aspek-aspek lain harus kita selesaikan dulu clean and clear baru kita drill. Kita siapkan itu,” jelaskan.

“Ini Badan Geologi cq PVMBG ini sedang menyiapkan itu, clearance dulu wilayahnya clear, masuk gampang,” tambahnya.

Dia mengatakan, pengeboran untuk mencari panas bumi tak langsung dilakukan, karena berbagai persiapan mesti dilakukan supaya tidak menimbulkan masalah di kemudian hari.

“Persiapan dulu yaitu tadi, kita bebaskan dulu. Supaya apa, nanti begitu kita drill nggak ada isu yang ada, nggak ada penolakan masyarakat, nggak ada keberatan,” ungkapnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!