radarutama.com – Teh Bokashi Jati Cina dari Bali yang memiliki beragam khasiat, kini setelah mengantongi izin edar dari Badan Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM), siap untuk dipasarkan menembus pasar nasional dan ekspor.

“Perjalanan panjang suatu produk, apakah berhasil atau tidak diuji oleh pasar (masyarakat) dan pemerintah (perizinan),” kata Direktur Utama PT Karya Pak Oles Tokcer Dr Ir Gede Ngurah Wididana, MAgr di Denpasar, Sabtu.

Menurut dia, produk yang lulus uji pasar akan laris dan berkembang, serta memberikan manfaat sehat dan keuntungan kepada produsen dan konsumen.

Alumnus Program Pascasarjana Faculty Agriculture University of The Ryukyus Okinawa, Jepang itu menyebutkan Teh Bokashi Jati Cina berkhasiat melancarkan yang “mampet”, mengecilkan perut buncit, hingga melangsingkan tubuh melalui program diet sehat.

“Cukup diminum sekali sehari di malam hari, maka besok paginya (10 jam setelah minum), Anda akan merasa lega setelah membuang si dia yang mengendon di dalam usus,” ujar pria yang biasa disapa Pak Oles ini.

Selain itu, teh ini diklaim berkhasiat untuk menurunkan kadar kolesterol (kadar lemak), mendetoksifikasi racun dalam tubuh dan meningkatkan metabolisme tubuh.

“Gaya hidup modern yang kurang gerak dan makanan kurang sehat, minim serat, minim buah dan minim sayur, banyak tepung serta banyak daging dapat menyebabkan pencernaan dan buang air besar kurang lancar,” ucapnya.

Teh Bokashi Jati Cina sebelumnya merupakan produk dengan nama Teh Bukit Hexon dengan izin edar dari Dinas Kesehatan Kabupaten telah dipasarkan sejak 2017, kini diproduksi oleh Industri Obat Tradisional (IOT) PT Karya Pak Oles Tokcer (PKOT) untuk menembus pasar nasional maupun mancanegara.

“Teh Bokashi Jati Cina dengan multi-khasiat diurus selama satu tahun, melalui proses uji, melengkapi dokumen, dan bukti ilmiah klaim khasiat. Akhirnya izin tersebut bisa dikeluarkan oleh Badan Pengawas Obat dan Makanan,” ujarnya.

Dengan demikian, telah dimulai babak baru produk Teh Bokashi Jati Cina bisa dipasarkan melalui apotek dan toko obat di seluruh Indonesia secara offline dan online, maupun menembus pasaran ekspor ke berbagai negara.

Persiapan produksi skala industri sudah dilakukan oleh Industri Obat Trasisional PT Karya Pak Oles Tokcer sebagai sebuah perusahaan swasta nasional yang berbasis obat-obatan tradisional yang merupakan terbesar di Bali, dalam memasuki bulan September 2022 ini.

Sementara itu, Intan Puspitayanti (25), salah satu konsumen setia produk Pak Oles yang memiliki akun instagram dengan pengikut 50 ribu orang ini mengaku kaget khasiat Teh Bokashi Jati Cina reaksinya dirasakan kurang dari delapan jam sejak menikmatinya untuk melancarkan buang air besar.

“Saya awalnya memang mengalami gangguan pencernaan sakit perut sampai melilit. Menjelang tidur malam, saya minum Teh Bokashi Jati China, reaksinya kurang dari delapan jam saya buang air besar jadi lancar,” ujar istri dari Wahyu Gian yang telah dikaruniai seorang anak ini.

Intan menceritakan khasiat Bokashi Jati Cina dirasakan sangat membantu pencernaan dan menjaga kesehatan tubuh untuk tetap prima dan bahkan banyak teman-teman dan rekan menanyakan dimana bisa mendapatkan Bokashi Jati Cina tersebut serta berapa kali minumnya dalam sehari.

“Saya langsung saja jawab di media sosial bahwa minuman siap saji dengan cita rasa yang khas itu bisa didapatkan di konter-konter Pak Oles terdekat, apotek maupun Tokopedia. Cukup minum satu kali sehari menjelang tidur malam,” ujarnya menambahkan.