TikTok vs Shopee, Mana Shopping Live Paling Cuan?

Radar Utama – Live Shopping di media sosial kini paling banyak diminati baik oleh pembeli maupun penjual. Hal ini semakin meningkat karena adanya pandemi beberapa waktu lalu karena pembeli kesulitan untuk membeli barang secara offline.

Pada tahun 2020-2021, pembelian dari live commerce di seluruh dunia meningkat sebesar 76 persen, dan industri live commerce tidak menunjukkan tanda-tanda akan berhenti. Rasio konversi dari live streaming ini bisa mencapai 10x lebih tinggi.

Kini industri live shopping didominasi oleh TikTok Live dan Shoppe Live. Mana yang lebih baik?

ADVERTISEMENT

Fitur TikTok Live Shopping mirip dengan Instagram dan Amazon Live. Saat brand menampilkan setiap produk, pin yang terkait dengan produk tersebut akan muncul. Hal ini membuat calon pembeli dapat menekan pin untuk menambahkan barang yang akan dibeli pada aplikasi tersebut.

TikTok live shopping menjual banyak produk dan mendapatkan peningkatan eksposur brand dengan menggunakan fitur aplikasi tersebut.

Banyaknya Gen Z dan milenial yang menggunakan aplikasi TikTok menjadikan TikTok live shopping paling banyak diminati. Menurut sebuah survei oleh Influencer Marketing Factory, 40 persen demografis ini telah membeli setidaknya satu item atau layanan sambil menonton live streaming di media sosial.

Ada beberapa syarat yang harus dipenuhi jika seseorang ingin melakukan live shopping di TikTok , yaitu, berusia minimal 16 tahun dan memiliki 1000 followers.

Shopee Live merupakan platform streaming langsung di aplikasi Shopee yang memungkinkan pelanggan untuk menonton konten terkait produk dan berinteraksi langsung dengan Penjual.

Pelanggan dapat menemukan penjual dan berbagai produk baru, serta berpartisipasi dalam aktivitas Shopee Live untuk penawaran eksklusif.

Tak hanya itu, pada Shopee Live juga penjual dapat melakukan aktivitas lelang. Di Shopee Live memungkinkan pelanggan untuk memenangkan penawaran produk yang ditetapkan oleh host/penjual.

Shopee kerap memberikan diskon 50 persen hingga Rp 30.000 setiap hari mulai pukul 20.00 – 24.00 WIB dalam live shoppingnya.***

error: Content is protected !!