5 Bukti Dirimu Bisa Bahagia Lagi meski Saat Ini Sedih

radarutama.com – Jakarta Sedang merasa sedih atau terpuruk dalam rasa kesedihan yang cukup dalam? Saat ada masalah atau persoalan yang cukup pelik, wajar jika kita merasa sedih. Meskipun begitu, bukan berarti kesedihan yang kamu rasakan akan menetep selamanya.

Mengutip buku Merawat Luka Batin, “Ketidakbahagiaan, kesedihan, atau yang kita anggap sebagai perasaan negatif, sebenarnya bukan musuh. Kadang kala kesedihan, kecemasan, dan kekecewaan adalah bagian dari perasaan normal yang terjadi.” Kesedihan yang kamu rasakan saat ini tak perlu dianggap sebagai hal buruk. Sebab itu akan menjadi bagian dan proses penting bagi dirimu untuk tumbuh lebih dewasa dan bijak lagi. Kamu masih bisa bahagia lagi meski saat ini masih sedih.

1. Kamu Memberi Ruang Secukupnya untuk Bersedih

Perasaan sedih yang hadir bisa kamu tampung dan terima dengan lapang dada. Bahkan kamu memberikan ruang yang cukup di hatimu untuk bisa mengalirkan dan membiarkan rasa sedih itu luntur dengan sendirinya. Saat kamu bisa memberi ruang untuk rasa sedih, maka kamu pun pasti bisa menghadirkan ruang baru untuk rasa bahagia.

2. Kamu Menjadikan Kesedihan sebagai Proses Pendewasaan Diri

Melalui kesedihan, kamu bisa mengenal dirimu lebih dalam lagi. Kamu juga bisa lebih paham kebutuhanmu sendiri. Bisa mengungkap hal-hal apa saja yang lebih penting dari lainnya. Selain itu, pengalaman atau persoalan yang membuatmu sedih membantumu jadi pribadi yang lebih bijak dan dewasa lagi.

3. Kamu Tidak Mencari Kambing Hitam atas Keadaan yang Ada

Selama kamu tidak menyalahkan keadaan atau mencari kambing hitam atas situasi yang kamu hadapi, maka yakin saja akan ada kebahagiaan yang bisa diperoleh di depannya. Walau saat ini masih bergumul dalam rasa sedih, ke depannya pasti ada rasa bahagia yang akan hadir. Hati yang lapang dan ikhlas akan lebih mudah menyambut kebahagiaan baru.

4. Kamu Memilih Berpikir yang Baik-Baik

Saat fokus pada hal baik, maka yakin saja ada hal baik juga yang akan datang. Walau kesedihan membuatmu muram dan merasa terpuruk, tapi saat kamu masih bisa menjaga pikiran baik dan berusaha memetik hikmah serta pelajaran dari pengalaman yang ada, kamu akan menemukan kebahagiaan baru. Bahkan kebahagiaan baru itu bisa datang dari hal sederhana yang tak pernah kamu duga sebelumnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *