5 Bukti Dirimu Makin Bahagia meski Pilihan Hidupmu Beda Sendiri

radarutama.com – Jakarta Sering kita mendengar bahwa hidup ini adalah pilihan. Dari fase demi fase kehidupan yang kita jalani, ada serangkaian pilihan yang hadir di depan kita, dan kita bebas membuat pilihan apa saja sesuai dengan kata hati kita. Walaupun pilihan hidup kita berbeda sendiri atau tak sama dari kebanyakan pilihan orang lain, kita bisa merangkai kebahagiaan kita sendiri.

Baik pilihan soal pendidikan, pekerjaan, atau hubungan, apa pun pilhanmu saat ini, kamu bisa hidup makin bahagia. Buktinya bisa ditandai dengan lima hal ini. Selengkapnya, simak uraiannya di bawah ini.

1. Memiliki Kepuasan Batin Sendiri

Sekecil atau seremeh apa pun hal yang kamu lakukan, tapi kalau itu bisa menghadirkan kepuasan batin maka itu sudah lebih dari cukup untuk membuatmu bahagia. Saat kamu bisa memiliki kepuasan batin atas pilihan hidup yang kamu ambil, maka sebenarnya kamu sudah memiliki kebahagiaanmu sendiri. Kebahagiaan tak membutuhkan validasi orang lain. Selama kita bisa menghadirkan rasa bahagia di hati, itu sudah menjadi hal yang bermakna dalam hidup kita sendiri.

2. Tidak Toxic dengan Diri Sendiri

Maksudnya adalah kamu tak membenci dirimu sendiri. Terlepas dari kekurangan atau kelemahan yang kamu punya, kamu tak begitu saja pesimis atau merasa rendah diri. Justru kamu jadi terpacu untuk terus mengembangkan kemampuan terbaik diri. Selama kamu masih menyayangi diri dengan baik, maka ini menjadi sinyal bahwa hidupmu punya kebahagiaannya sendiri.

3. Mengutamakan Bersyukur daripada Mengeluh

Sesekali mungkin kamu tak bisa menahan diri untuk mengeluh. Saat ada hal yang berjalan tak sesuai harapan dan perjuangan yang sudah dilakukan, wajar jika kita merasa kesal lalu mengeluh. Namun, saat kita kemudian lebih mengutamakan bersyukur daripada mengeluh, maka ada hati bahagia yang terbentuk. Mengutip buku Happiness Inside, komplain dan kebahagiaan seperti terang dan gelap, keduanya tidak mungkin hadir berbarengan. Makin sedikit mengeluh, makin banyak kebahagiaan yang direngkuh.

4. Meningkatnya Jiwa Mandiri

Memilih jalan hidup sendiri bukan berarti melepas diri dari tanggung jawab. Justru kita makin terdorong untuk mempertanggungjawabkannya dengan sebaik mungkin sebab dampaknya bisa sangat besar terhadap kehidupan kita secara keseluruhan. Ketika kita sudah bisa lebih mandiri dengan jalan hidup yang kita ambil, maka sebenarnya kebahagiaan bisa lebih mudah kita dapatkan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *