5 Cara Kuatkan Diri saat Merasa Sedih Sendirian di Dunia Ini

radarutama.com – Jakarta Pernah merasa sedih sekaligus sangat kesepian? Ketika orang-orang berpaling darimu atau situasi tak memihakmu, rasanya dunia ini tak lagi ramah padamu. Perasaan terkucilkan atau terabaikan pun membuat segalanya jadi begitu suram.

Agar bisa kembali kuat dan tersenyum lagi, ada sejumlah hal yang bisa dilakukan. Cara-cara ini bisa menjadi langkah awal untuk dicoba agar diri bisa kembali tegar.

1. Cukup Sadari Momen yang Hadir Saat Ini

Peluk diri sendiri. Tepuk lagi bahu dengan lembut. Bisa jadi rasa kesepian ini hadir sebagai pertanda bahwa dirimu butuh rehat atau ruang sendiri. Coba untuk terima keadaan yang di rasakan saat ini apa adanya. Ikuti saja alurnya dan suasananya selama beberapa waktu. Nanti, hati yang tenang akan perlahan hadir di dalam dirimu.

2. Lakukan Hal yang Membuat Diri Nyaman

Untuk meredakan rasa tak nyaman, kita bisa coba mengistirahatkan pikiran dari kesibukan. Bisa coba lakukan hal yang membuat diri nyaman dan lebih rileks. Caranya bisa dengan mewarnai buku, menulis jurnal, berenang, joging, atau sekadar menikmati secangkir kopi hangat. Utamakan kenyamanan diri lebih dulu sebelum makin terpuruk dalam kesedihan.

3. Mengapresiasi Semua Hal yang Sudah Dilakukan

Mengutip buku Loving the Wounded Soul, kita merasa kesepian karena semua orang menjadi saingan hidup kita. Salah satu penyebab rasa kesepian adalah kita merasa harus selalu berkompetisi dengan orang lain. Kadang rasa sedih dan seakan merasa sendirian di duni hadir karena kita terlalu sibuk berkompetisi dengan orang lain. Kini, cobalah untuk mengapresiasi perjalanan dan perjuangan yang sudah dilakukan dalam hidup lebih dulu. Dengan begitu, energi kita tak lagi terkuras habis dalam obsesi terus berkompetisi dengan orang lain.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *