9 Rekomendasi Pantai di Malang, Panoramanya Keren Banget!

radarutama.com – Salah satu wilayah di Jawa Timur ini sepertinya selalu menjadi destinasi wisata favorit bagi beberapa orang. Selain memiliki wahana hiburan ternama, seperti Jatim Park, Eco Green Park, hingga Museum Angkut, rupanya kota ini memiliki wisata alam yang begitu banyak. Tidak salah lagi, kota yang dimaksud adalah Malang!

Nah, wisata alam yang bisa kamu coba kunjungi adalah pantai. Keindahan pemandangan dari pantai di Malang ini memberikan suasana yang menenangkan, apalagi melihat air laut yang bergerak mengikuti arusnya.

Bagi kamu yang tengah liburan di Malang, tidak ada salahnya untuk coba mendatangi pantai-pantai pilihan ini melansir dari situs Traveloka.com. Sebelum mengunjunginya, kamu perlu mengetahui informasi selengkapnya berikut ini, ya, Bela!

1. Pantai Sipelot

Pantai Sipelot yang berlokasi di Desa Pujiharjo, Tirtoyudo menjadi salah satu pantai indah di bagian selatan Malang. Pantai sepanjang 2 km ini memiliki berbagai fasilitas, seperti area parkir, warung makan, toilet, hingga musala. Akan tetapi, kamu tidak bisa bermain air ataupun berenang di sana, Bela. Pantai Sipelot ternyata memiliki ombak yang cukup besar.

Meskipun begitu, kamu bisa mencoba aktivitas lain, seperti mengunjungi Coban Sipelot, air terjun payau yang berada di sisi barat pantai. Disarankan agar kamu datang ke sana ketika matahari terbenam untuk melihat kecantikan dari pemandangan sunset di Pantai Sipelot.

2. Pantai Balekambang

Adanya Pura Amerta Jati di Pulau Ismoyo–pulau karang di tengah laut–membuat banyak orang menganggap Pantai Balekambang sebagai Tanah Lotnya Malang. Selain menikmati pemandangan ombaknya, kamu juga bisa mengunjungi pura dengan berjalan kaki melalui jembatan khusus. Untuk mendatangi Pantai Balekambang, kamu perlu menempuh jarak sekitar 60 km dari pusat Kota Malang. Pantai ini berlokasi di Dusun Sumber Jambe, Desa Srigonco, Bantur.

3. Pantai Tiga Warna

Pantai ini akan menyuguhkanmu pemandangan yang memukau dengan gradasi biru laut, hijau, hingga warna kemerahan pada pasirnya. Selain area pantai, kamu juga bisa mencoba mengunjungi hutan bakau yang berada tepat di muara laut dan sungai, yakni Konservasi Mangrove Clungup. Untuk mendatangi Pantai Tiga Warna, kamu harus melakukan reservasi dahulu agar meminimalisir keramaian pengunjung. Setelah mendapat persetujuan, kamu bisa langsung menuju Desa Tambakrejo, Sendang Biru.

4. Pantai Modangan

Pantai Modangan berlokasi di sisi barat kota, Dusun Kalitekuk, Desa Sumberoto, Donomulyo. Kamu pun perlu menempuh jarak sekitar 65 km dari pusat kota menuju Blitar. Jaraknya lumayan jauh, namun pemandangan pantai satu ini tak akan mengecewakan. Pantai yang berada di perbatasan Malang dan Blitar ini memiliki pasir putih kontras dengan air laut berwarna biru kehijauan.

Kamu juga bisa menyambangi spot foto bertuliskan “I Love U” yang berada di bukit sisi timur pantai. Untuk menikmati seluruh aktivitas tersebut, kamu perlu menyiapkan uang sebesar Rp5.000 sebagai tiket masuk pantai.

5. Pantai Lenggoksono

Pantai ini terkenal memiliki kekayaan laut yang melimpah dan bisa kamu dapatkan, seperti tuna, cakalang, dan lobster ini. Bagi kamu yang memiliki hobi memancing, Pantai Lenggoksono sepertinya cocok untuk kamu. Keberadaan Pulau Gadung di kawasan pantai ini juga menjadi lokasi konservasi lobster mutiara, lobster pasir, dan lobster batu.

Jika ingin mengunjungi pantai ini, kamu tinggal menuju Dusun Lenggoksono, Desa Purwodadi, Tirtoyudo. Siapkan uang Rp5.000 sebagai biaya masuk Pantai Lenggoksono, ya.

6. Pantai Batu Bengkung

Terdapat dua batu karang raksasa yang mengelilinginya, Pantai Batu Bengkung jadi salah satu pantai unik di di Desa Gajahrejo, Gedangan. Laut dan pantainya pun terbelah oleh berbatuan karang yang cukup tinggi sehingga berubah menjadi sebuah telaga saat air laut pasang. Telaga ini bisa kamu gunakan sebagai tempat bermain air yang aman.

Posisi pantai yang menghadap barat ini cocok sebagai lokasi untuk melihat matahari terbenam. Untuk menikmati aktivitas di pantainya, siapkan uang Rp5.000 sebagai tiket masuk.

7. Pantai Mbehi

Pantai Mbehi di Desa Sumberbening, Bantur berjarak sekitar 66 km dari pusat Kota Malang. Pantai ini memiliki kondisi pasir dan air laut yang cukup jernih karena lokasinya berada di balik hutan lindung. Kamu bisa mengunjungi Teluk Bidadari yang masih berada di kawasan Pantai Mbehi, suatu ceruk batu karang berisi air jernih seperti kolam renang alami. Meskipun dangkal, kamu perlu berhati-hati bermain pada batu karangnya, ya, Bela.

8. Pantai Ngliyep

Pantai Ngliyep berjarak sekitar 63 km dari pusat Kota Malang, tepatnya di Desa Kedungsalam, Donomulyo. Pasir putih, air laut biru kehijauan, dan batu karangnya menjadi daya tarik para wisatawan untuk berkunjung ke pantai ini. Di dekat Pantai Ngliyep, terdapat sebuah bukit bernama Gunung Kombang yang konon menjadi lokasi ritual pemberian sesajen pada Ratu Laut Selatan.

Jika ingin menikmati keindahan pantai satu ini, kamu harus merogoh kocek sebesar Rp15.000 untuk biaya tiket masuknya.

9. Pantai Goa Cina

10 menit perjalanan dari Pantai Bajulmati, kamu akan menemui Pantai Goa Cina di Desa Sitiarjo, Sumbermanjing Wetan. Terdapat tiga pulau karang yang menjadi pemandangan pantai populer di kalangan wisatawan. Pulau-pulau tersebut bernama Pulau Bantengan, Pulau Goa Cina, dan Pulau Nyonya.

Akan tetapi, kamu tidak boleh berenang di pantai ini karena kondisi ombaknya yang cukup besar. Saat mengunjungi Pantai Goa Cina, kamu perlu menyiapkan uang seharga Rp5.000 sebagai tiket masuk.

Itulah 9 rekomendasi pantai di Malang yang bisa kamu kunjungi bersama keluarga ataupun teman kamu. Kamu bisa mengabadikan momen sembari mengikuti berbagai aktivitas di pantai-pantai tersebut. Dari semua pilihan pantai di atas, kamu tertarik untuk mengunjungi yang mana, Bela?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *