radarutama.com – Bagi wanita yang tidak terlalu nyaman dengan ukuran payudaranya yang besar, berolahraga mungkin bisa menjadi salah satu pilihan untuk memperkecilnya.

Meskipun tidak ada olahraga yang ajaib untuk memperkecil ukuran payudara , namun kita tetap dapat menggunakan aktivitas fisik dan diet sehat guna mengurangi lemak tubuh secara keseluruhan.

Hal ini, pada gilirannya, akan mengurangi lemak di payudara yang juga sekaligus dapat memengaruhi ukuran dan bentuk payudara.

Olahraga untuk mengurangi ukuran payudara

Perlu diketahui bahwa tidak ada olahraga yang bisa menghilangkan lemak hanya dari satu bagian tubuh.

Sehingga, yang bisa kita lakukan adalah membentuk defisit kalori, yang berarti kita membakar lebih banyak kalori daripada yang dikonsumsi.

Ketika melakukan itu, kita akan kehilangan lemak dari seluruh tubuh, termasuk lemak di bagian payudara.

Selain itu, menurut Livestrong, penurunan berat badan secara bertahap dan konsisten (melalui olahraga dan diet sehat) adalah cara terbaik untuk memastikan kita dapat mengurangi lemak tubuh.

Melakukan aktivitas fisik di luar olahraga seperti menari, mendaki, mendayung, atau berjalan kaki juga bisa alternatif lainnya.

Seberapa banyak olahraga yang dilakukan

Dalam hal aktivitas fisik, lebih banyak hampir selalu lebih baik untuk mendapatkan defisit kalori.

Menurut pedoman aktivitas fisik Departemen Kesehatan dan Layanan Kemanusiaan di AS, olahraga untuk orang dewasa adalah 150 menit kardio intensitas sedang atau 75 menit kardio intensitas tinggi per minggu.

Pedoman tersebut sebenarnya untuk kesehatan yang baik, bukan penurunan berat badan. Jadi, mungkin saja kita perlu berolahraga lebih banyak dari itu untuk menurunkan berat badan.

Atau, kita bisa menggandakan jumlah tersebut menjadi 300 menit kardio intensitas sedang atau 150 menit kardio intensitas tinggi per minggu untuk membakar lebih banyak kalori.

Hal-hal yang perlu dipertimbangkan saat mengecilkan payudara

Meskipun menetapkan defisit kalori dan melakukan latihan kardio untuk memperkecil ukuran payudara dapat membantu, namun payudara kita juga mengandung kelenjar getah bening, saluran susu dan jaringan ikat.

Sementara, olahraga tidak akan mengurangi ukuran komponen-komponen tersebut.

Selain itu, elastisitas kulit bervariasi dari setiap wanita. Jadi, setelah penurunan berat badan yang nyata, kita mungkin akan mengalami kulit longgar atau bisa saja payudara “kendur” maupun “kempes”.

Dalam setiap kasus tersebut, kita tetap memerlukan konsultasi dengan dokter tentang pilihan yang terbaik untuk mengurangi ukuran payudara.