Cara Mudah Merawat Cat Mobil agar Warna Tetap Kinclong dan Tak Pudar

radarutama.com

    12SHARES

Merawat Cat Mobil (Foto: Shutterstock)

Dream – Bukan hanya soal performa mesin, pemilik juga wajib menjaga tampilan mobil kesayangan. Salah satunya adalah merawat agar kondisi cat tetap kinclong, layaknya mobil baru.

Supradi, Instruktur Pengecatan Daihatsu Techical Training Center Jakarta PT Astra Daihatsu Motor (ADM), memberikan tips untuk merawat bodi mobil khususnya cat mobil agar tetap terjaga kualitasnya.

© Istimewa

1. Parkir Kendaraan di Garasi

Tips pertama dan terpenting adalah memarkir kendaraan di garasi. Hal ini mesti dilakukan agar mobil terhindar dari terik matahari, air hujan, kotoran hewan, getah pohon, dan faktor eksternal lainnya. Apabila tidak memiliki garasi di rumah, mobil bisa diberikan car cover yang berbahan halus dan kuat terhadap cuaca agar catnya tidak mudah pudar.

2. Mencuci Mobil secara Rutin

Hal yang perlu dilakukan selanjutnya yaitu mencuci mobil secara rutin, minimum seminggu sekali. Mencuci mobil ini tentu menggunakan air bersih, sampo khusus mobil, dan dilakukan di tempat sejuk. Hindari penggunaan sabun yang mengandung soda api seperti sabun colek, karena akan mempengaruhi cat mobil kesayangan kamu.

3. Periksa Cat Bodi Mobil secara Berkala

Jangan lupa untuk memeriksa cat bodi mobil secara berkala dari benda asing atau cairan. Jika ada kotoran atau goresan, segera dibersihkan dengan menggunakan kain halus seperti microfiber.

4. Perawatan Pemolesan

Nah, yang terakhir tips menjaga cat mobil adalah melakukan pemolesan. Pemolesan perlu dilakukan, paling tidak 6 bulan sekali untuk menjaga tampilan mobil tetap dalam kondisi baik dan mengilap. Kamu dapat memilih material poles atau wax yang baik dan tidak berbahaya terhadap cat atau bebas amonia.

Perlu diketahui tren warna yang disukai konsumen dalam 3 tahun terakhir ini adalah putih, hitam, silver dan grey.Dalam perkembangannya, proses pengecetan di industri otomotif diawali menggunakan metode “ kuas/brushing”, lalu spraying dengan memanfaatkan udara bertekanan tinggi, kemudian mulai menerapkan teknologi “ semi robot”, hingga saat ini proses pengecatan melibatkan “ full robotic“ pada keseluruhan bodi mobil.

© Istimewa

Pengecatan yang dilakukan pabrikan PT Astra Daihatsu Motor (ADM) menggunakan standar manufaktur, yakni Heat Polymerization dengan proses pengecatan yang dipanaskan dengan suhu minimal 140 derajat celcius. Proses pengecetan manufaktur di ADM memiliki proses 4 tahap, dimulai dari cleaning atau pembersihan bodi, pelapisan anti karat, surfacer & sealing dan lapisan terakhir adalah top coating.

© Istimewa

Selain itu, cat bodi kendaraan juga dapat dibagi menjadi beberapa karakter pigmen, seperti warna Solid, Metallic dan Pearl yang memiliki perbedaan dalam proses pengecatannya tergantung dari kebutuhan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *