Hati-Hati! Ini 10 Ciri-Ciri Orang Pendendam yang Harus Diwaspadai

radarutama.com – Memiliki dendam bukanlah hal yang terpuji, bahkan dilarang dalam setiap ajaran agama. Meski perbuatan tersebut adalah hal buruk, tetapi masih saja ada orang yang menyimpan dendam. Perasaan dendam sendiri biasa muncul ketika seseorang merasa sakit hati atas perbuatan, perkataan, atau tindakan buruk yang dilakukan orang lain kepadanya.

Marah pada hal yang menyakitkan hati memang wajar, namun, menyimpan perasaan marah dalam kurun waktu yang lama bisa menjadi pemicu timbulnya perasaan dendam yang berbahaya.

Nah, agar kamu terhindar dari berbagai masalah serius yang muncul akibat dendam seseorang. Ciri orang pendendam yang akan Kamini bahas di bawah bisa membuatmu jauh lebih waspada. Seperti apa itu? Berikut adalah penjelasannya:

1. Suka Mengungkit Kesalahan Masa Lalu

Ciri pertama yang biasanya ada pada orang pendendam adalah suka mengungkit kesalahan yang terjadi di masa lalu. Ketika terjadi perselisihan, mereka tanpa ragu mengumbar kesalahan orang lain di masa lalu untuk melampiaskan amarahnya.

Selain bertujuan untuk mempermalukan, hal tersebut merupakan caranya untuk membenarkan tindakan buruk yang dilakukannya pada orang yang telah menyakitinya. Nah, biasanya orang-orang yang demikian akan menunggu momen yang tempat, bahkan terkadang harus menunggu cukup lama untuk bisa meluapkan kekesalannya.

2. Senang Melihat Orang Susah

Adalah hal yang paling menyenangkan bagi si pendendam bila melihat orang atau musuh yang dibencinya berada dalam kesusahan. Ciri yang kedua ini biasanya bisa dengan mudah kita temukan ada pada diri orang-orang yang pendendam. Melihat orang lain kesusahan adalah hiburan tersendiri bagi mereka.

Pemicu tindakan mereka tersebut biasanya karena perasaan iri, dendam, atau rasa sakit hati karena merasa diremehkan. Selain tidak menunjukkan rasa empati, mereka juga kerap bersenang-senang di atas penderitaan orang lain. Cara tersebut biasanya dilakukan untuk melampiaskan kebencian pada orang-orang yang dulu pernah menyakitinya.

3. Tidak Mau Meminta Maaf

Meminta maaf adalah hal yang terlihat mudah namun sulit dilakukan, terutama oleh orang-orang yang memiliki sifat pendendam. Sakit hati menjadi alasan bagi mereka menahan diri untuk meminta maaf. Ketimbang meminta maaf, mereka lebih suka memilih untuk meluapkan emosinya dengan mencari cara untuk membalas dendam.

Biasanya orang-orang seperti ini lebih berani untuk melakukan sesuatu demi melampiaskan dendamnya, termasuk melakukan perbuatan licik yang bisa merugikan diri sendiri maupun orang lain.

4. Suka Menghasut

Orang pendendam juga tidak akan ragu menghasut orang lain agar membenci setiap musuh-musuhnya. Selain menghasut, mereka juga kerap mengadu domba musuhnya. Hal itu dilakukan untuk membalas rasa sakit hatinya pada orang lain. Mereka berharap dengan semakin banyak orang membenci akan membuat hidup musuhnya semakin terpuruk.

Padahal, cara yang mereka lakukan tersebut cenderung membuka keburukan mereka sendiri di hadapan orang lain. Meski terkadang mereka berhasil menjatuhkan musuhnya dengan cara tersebut, tetapi perbuatan ini bisa jadi bumerang yang akan menghancurkan diri mereka sendiri.

5. Jengkel Saat Melihat Orang Lain Bahagia

Orang-orang yang suka menyimpan perasaan dendam biasanya akan jengkel melihat orang lain mendapatkan kehidupan yang bahagia. Tidak hanya merasa jengkel, mereka juga akan marah dan berharap kebahagiaan tersebut hilang dari orang lain. Bila hal tersebut dibiarkan, kebencian pada orang yang bersangkutan akan semakin besar.

Hal itu tentu bisa menjadi pemicu bagi mereka untuk melakukan tindakan buruk. Mengingat, bagi mereka kebahagiaan yang dirasakan oleh musuh terdengar seperti genderang perang. Jika ini dibiarkan tanpa adanya usaha untuk mendamaikan kedua belah pihak, bisa sangat berbahaya bagi kehidupan.

6. Bersikap Sinis Saat Berpapasan

Hal biasa ketika melihat seseorang yang sedang bermusuhan menunjukkan sikap sinis saat berpapasan. Ekspresi, serta gestur tubuh mereka biasanya menunjukkan seperti orang yang jijik, bahkan muak saat harus bertemu. Pada umumnya, sikap sinis yang mereka tunjukkan bisa menjadi tanda jelas bahwa mereka menyimpan perasaan benci atau dendam pada orang tersebut.

Namun, tidak sedikit pula orang yang terkadang merasa bingung dan heran dengan sikap mereka yang begitu. Agar duduk permasalahannya jelas, maka sebaiknya bicarakan persoalan tersebut dengan cara dewasa. Jangan biarkan, sifat egois membuat persoalan yang mungkin sepele semakin besar dan meruncing.

7. Susah untuk Hidup Tenang

Orang yang menyimpan dendam juga hidupnya akan susah tenang. Mereka cenderung gelisah dan memikirkan berbagai cara untuk membuat orang-orang yang menyakitinya mendapatkan balasan yang setimpal. Alhasil, waktu mereka akan terbuang hanya untuk memikirkan cara untuk menjatuhkan musuhnya.

Sementara kehidupan mereka sendiri cenderung tidak produktif. Jika dibiarkan berlarut-larut, hal ini hanya akan membuatnya semakin terpuruk dan tenggelam dalam kebencian, atau bahkan mengalami stres berat.

8. Susah untuk Memaafkan

Selain susah untuk meminta maaf, orang-orang yang menaruh perasaan dendam juga cenderung susah untuk memaafkan kesalahan orang lain. Sebelum mereka merasakan kesakitan sama seperti yang mereka terima, maka susah bagi mereka untuk bisa memaafkan. Perasaan dendam yang besar biasanya membuat seseorang kehilangan empati dan kasih sayang.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *