radarutama.com – Persentase orang dewasa di Amerika Serikat (AS) yang menjalani perawatan karena masalah kesehatan mental meningkat selama pandemi COVID-19, menurut data yang dipublikasikan pada Rabu (7/9) oleh Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (Centers for Disease Control and Prevention/CDC) AS.

Hampir 22 persen orang dewasa menjalani perawatan kesehatan mental pada 2021, naik dari sekitar 19 persen pada 2019. Lonjakan ini kemungkinan disebabkan oleh kombinasi antara peningkatan kebutuhan dan akses yang lebih baik untuk mendapatkan perawatan, tutur Calliope Holingue, seorang epidemiolog kejiwaan.

“Pandemi memicu pembahasan penting tentang perlunya merawat diri sendiri. Di dalam populasi secara keseluruhan, kita melihat hal tersebut tercermin,” kata Calliope Holingue.

Secara keseluruhan, laporan CDC menunjukkan bahwa kenaikan dalam hal perawatan kesehatan mental sebagian besar dipicu oleh orang dewasa yang berusia kurang dari 45 tahun, ungkap CNN dalam laporannya tentang data tersebut.

Orang dewasa berusia 18 hingga 44 tahun berpeluang paling rendah untuk menjalani perawatan kesehatan mental pada 2019. Namun, pada 2021, kelompok ini menjadi yang berpeluang paling tinggi, mencatat lonjakan sebesar hampir 5 poin persentase selama rentang waktu tersebut, imbuh laporan itu. Selesai