radarutama.com – Melansir dari unggahan Instagram perfectlifeid, cuplikan video ketika Ratu Elizbeth II mengunjungi Pulau Bali pada tahun 1974 jadi sorotan kemabli. Tentu saja, kunjungan tersebut menjadi tanda babak baru hubungan antara Indonesia dan Inggris.

Kunjungan Ratu Elizabeth II ke Bali juga terbilang cukup unik. Hal itu karena ia dan suaminya memilih menaiki kapal pesiar dibanding pesawat. Sangat jarang ada kepala negara atau pemerintahan melawat ke negara lain menggunakan kapal.

Video itu memperlihatkan momen berlabuhnya Royal Yacht Britannia yang dinaiki Ratu Elizabeth II dan Pangeran Philip . Kapal sang Ratu juga dikawal ketat oleh kapal fregat HMS Argonaut dan KRI Samadikun.

Ketika turun dari kapal, Ratu Elizabeth II dan Pangeran Philip langsung disambut hangat oleh pejabat tanah air serta masyarakat Bali yang menggunakan busana adat.

Saat Ratu dan Pangeran menyusuri jalanan Bali juga disambut dengan antusias masyarakat Bali sambil mengibarkan bendera merah putih. Tak lupa juga, keduanya disuguhkan pertunjukan seni khas Bali di sebuah sanggar.

Penampilan Ratu Elizabeth II ketika menikmati pertunjukan seni pun sangat elegan dan klasik. Beliau sangat luwes mengenakan dress biru muda dan topi yang senada.

Tak heran, banyak orang yang mengatakan kalau momen ini begitu bersejarah dan unik. Selamat jalan Ratu Elizabeth II.