radarutama.com – Materi memang bukan menjadi faktor tolak ukur kesuksesan bagi seseorang. Namun kepemilikan materi seperti uang bisa membuat kita memenuhi kebutuhan dengan baik tanpa beban, bahkan bisa berkesempatan untuk lebih berbagi kepada yang membutuhkan.

Untuk alasan itu, memiliki uang yang banyak, bahkan hingga jumlahnya milyaran menjadi sebuah cita-cita bagi setiap orang. Sayangnya, kerja keras dan bakat saja tidak cukup. Ada hal-hal yang perlu dipelajari sejak kecil agar bisa menerapkan sukses finansial di masa depan.

Hal ini tentunya menjadi tugas para orang tua untuk memberikan pengetahuan dan mindset yang mumpuni agar anak Anda menjadi sukses finansial saat besar nanti, bahkan bukan tidak mungkin bisa jadi miliuner.

Berikut hal-hal yang harus diajarkan kepada anak sejak kecil agar sukses finansial versi Insider.

Ajari Tentang Uang Sejak Dini

Orang tua dari anak-anak yang sukses sering berbagi pengetahuan tentang uang sejak dini. Biasanya anak-anak tersebut akan diajarkan menjadi manajer mandiri atas keuangan mereka sendiri.

Untuk bisa membuat anak mengenal uang, orang tua harus membekali mereka dengan pendidikan yang kuat tentang apa yang harus dilakukan, apa yang tidak boleh dilakukan, dan sumber daya yang tersedia bagi mereka.

Mereka perlu belajar tentang menabung, menganggarkan uang, membayar tagihan, investasi, mengelola kartu kredit, mengatur dana pensiun, dan lain-lain.

Ajarkan Tanggung Jawab

Pekerjaan adalah bagian dari kehidupan. orang tua harus mengajarkan anak-anak mengenai pekerjaan dan tanggung jawab mereka atas hal tersebut.

Misalnya saja, orang tua yang membantu pekerjaan rumah (PR) atau proyek sekolah anak tidak mengajari mereka nilai dari kerja keras itu. Jika ingin sukses, anak harus diajarkan berusaha bertanggung jawab menyelesaikan pekerjaannya sendiri sejak Dini.

Tidak Ada yang Instan

Orang tua perlu mengajarkan anak mengenai arti menunggu, sebab segala sesuatunya tidak ada yang instan. Orang tua harus mengajarkan jika ingin mendapatkan hasil, anak harus bekerja dan menunggu hasilnya. Mengantisipasi hal-hal seperti ini akan menjadi kunci setelah mereka memasuki dunia kerja.

Berikan Contoh

Mengajarkan anak tak hanya dengan teori, tetapi juga contoh. Orang tua harus memimpin dengan memberi contoh agar anak-anak Anda dapat membelanjakan uang dengan bijak dan menyimpannya dengan baik.

Mendidik diri Anda sendiri sebelum Anda memiliki anak akan membantu Anda berada dalam posisi yang lebih baik untuk membantu anak mengatur keuangannya.

Persiapkan Kuliah Lebih Awal

Anda mungkin bosan mendengarnya, tetapi begitu anak Anda lahir, Anda harus mulai memikirkan kuliah mereka. Ada sejumlah pemikiran berbeda tentang bagaimana orang tua menyiapkan dana pendidikan, ada yang menabung uang mereka sendiri untuk dapat menutupi uang sekolah, ada juga yang mendorong anak-anak untuk menabung, mendapatkan beasiswa, dan mendanainya sendiri.

Apa pun cara yang Anda pilih, memiliki rencana dan sumber daya yang cukup untuk mewujudkannya dapat membantu memastikan anak Anda bersekolah di sekolah terbaik.

Bantu Anak Memiliki Skill Public Speaking

Jika ingin memiliki anak miliuner, orang tua harus mengajarkan anak menjadi pembicara publik yang hebat. Mereka harus mampu, tidak hanya mengartikulasikan ide-ide, tetapi meyakinkan orang lain untuk mempercayainya. Kemampuan berbicara di depan publik bisa menjadi bagian integral dari kesuksesan anak di masa depan.