Mengatasi Kulit Kaki Kering, Apa yang Bisa Dilakukan?

radarutama.com

Dermatitis kontak alergi terjadi saat kulit bersentuhan dengan benda yang memicu sistem imun tubuh bereaksi berlebihan.

Misalnya sabun mandi, air liur dari gigitan atau jilatan hewan peliharaan, atau hal lain yang mengundang reaksi alergi. Salah satu gejala dermatitis kontak di kaki ialah kulit kering .

2. Eksim

Eksim atau dermatitis atopik merupakan kondisi yang menyebabkan kulit kemerahan dan gatal. Penyakit kulit yang umum ini seringkali menyerang anak kecil. Namun bukan berarti orang dewasa dapat terhindar darinya.

Biasanya, eksim ditemani gejala lain seperti asma. Eksim dapat muncul di berbagai bagian kulit, termasuk kaki. Itulah sebabnya eksim dapat membuat kulit kaki kering.

3. Psoriasis

Psoriasis adalah penyakit autoimun yang menyebabkan tubuh memproduksi terlalu banyak sel kulit dalam waktu bersamaan. Pembentukan kulit baru ini memicu gatal-gatal, luka, hingga perdarahan.

Psoriasis dapat muncul di berbagai bagian kulit, tapi paling sering ditemukan di bagian kaki, terutama lutut.

4. Perubahan cuaca

Selain penyakit, perubahan cuaca juga dapat menyebabkan kulit kaki kering, terutama saat hawa dingin melanda. Sebab, minimnya kelembapan udara saat cuaca dingin bisa membuat kulit mengering.

Sebuah penelitian membuktikan, saat kulit terpapar dengan cuaca dingin, kekeringan bisa melanda.

5. Produk kecantikan

Hati-hati dalam memilih produk kecantikan kulit. Sebab, beberapa di antaranya dapat menyebabkan kulit kering.

Hal ini terjadi karena kebanyakan produk kecantikan didesain untuk mengangkat minyak dari kulit, sehingga bisa membuat kulit semakin kering.

6. Faktor usia

Tak ada yang abadi, termasuk kecantikan pada kulit. Saat usia bertambah tua, kulit kita akan memproduksi minyak yang lebih sedikit, sehingga jadi mudah mengering.

Itulah sebabnya saat lanjut usia, kulit kaki kering adalah kondisi yang sering ditemui.

7. Penyakit

Tidak hanya penyakit kulit yang dapat menyebabkan kulit kaki kering, tapi juga penyakit lain pada umumnya. Berikut ini adalah beberapa penyakit yang dikenal dapat mengakibatkan kulit kering:

  • Diabetes
  • Penyakit ginjal
  • Penyakit organ hati
  • HIV
  • Limfoma
  • Sindrom Sjorgen
  • Masalah hormon tiroid

Beberapa dari penyakit ini bersifat serius. Oleh karena itu, berkonsultasilah dengan dokter untuk meminta bantuan medis adalah hal yang tepat untuk dilakukan.

Pengobatan medis untuk kulit kaki kering

Untuk kulit kaki kering yang disebabkan oleh cuaca atau produk kecantikan, pengobatan yang dapat dilakukan ialah merubah gaya hidup hingga perawatan di rumah.

Jika kulit kering disebabkan oleh reaksi alergi, sebaiknya hindari kontak dengan bahan yang dapat memicu alergi tersebut.

Namun, jika kulit kaki kering disebabkan oleh berbagai penyakit kulit seperti psoriasis, eksim, maupun sindrom Sjorgen, maka beberapa obat-obatan ini dapat dicoba:

  • Kortikosteroid
  • Krim steroid
  • Retinoid
  • Antihistamin oral (untuk mengatasi gatal-gatal)

Namun ingat, jangan asal mengonsumsi obat-obatan di atas. Tetap dibutuhkan pengawasan dan izin dokter untuk meminum berbagai obat itu.

Cara mengatasi kulit kaki kering di rumah

Meskipun tak ada yang bisa mengalahkan efektivitas penanganan medis, terdapat beberapa cara mengatasi kulit kaki kering di rumah yang dapat dicoba. Untuk melakukannya, kita cukup menghindari beberapa hal dan aktivitas di bawah ini:

  • Bahan pewangi di sabun, losion, atau deterjen
  • Mandi atau berendam di air yang sangat panas
  • Produk kecantikan yang dapat memunculkan reaksi alergi pada kulit
  • Sabun yang dapat mengurangi kelembapan kulit

Selain itu, kamu juga boleh mengoleskan krim pelembap pada kulit kaki kering. Cobalah oleskan krim pelembap setelah mandi, tentunya pada saat kulit sudah dalam kondisi kering.

Carilah pelembap yang mengandung bahan-bahan seperti petroleum, asam hialuronat, asam glikolat, gliserin, antioksidan, hingga asam salisilat untuk hasil yang maksimal.

Kita juga bisa mencegah kulit kaki kering dengan memasang pelembap ruangan, mengonsumsi makanan yang kaya antioksidan, minum lebih banyak air, hingga menjaga kulit dari paparan sinar matahari.

Tentu saja mencegah lebih baik daripada mengobati, kan?

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram “Kompas.com News Update”, caranya klik link , kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!