Mengenal Erotomania Syndrome, Halusinasi Akan Cinta

radarutama.com – Semakin banyak masalah yang hadir di tengah kita, khususnya terkait mental health. Semakin banyak pula istilah yang kini hadir. Apakah Anda mengenal istilah erotomania syndrome, atau kata lainnya perasaan halusinasi terkait cinta?

Erotomania adalah sebuah gangguan yang membuat seseorang mengalami delusi. Mereka yang mengalami erotomania, umumnya memercayai bahwa ada seseorang yang menyukainya. Padahal hal ini belum tentu nyata maupun berdasar. Bisa juga malah sama sekali nggak nyata, dan tidak ada buktinya pula. Sindrom ini dikenal juga dengan nama De Clerambault Syndrome.

Apa yang dapat menyebabkan seseorang mengalami Erotomanis Syndrome? Penyebabnya bisa beragam. Di antaraya; gangguan bipolar, skizofrenia, penyakit Alzheimer, adanya gangguan depresi mayor, gangguan skizoafektif.

Gejala-gejalanya antara lain, seseorang mereasa bahwa ada orang di luar sana yang jatuh cinta dan tergila-gila padanya. Umumnya, mereka juga nggak akan berhenti membahas sosok tersebut. Ada saja yang dibahasnya tentang sosok tersebut.

Dalam tahapan yang sudah agak ekstrem, mereka nggak segan mengirim pesan atau kirim hadian ke orang yang mereka suka. Kalau dibalas, itu sudah cukup membuktikan kalau orang itu juga punya cinta untuknya. Setiap gerak-gerik orang tersbut dianggapnya sebagai sinyal atau kode. Tahap yang parahnya lagi bisa menjadi penguntit dia alias stalker. Semua tentangnya akan dicari tahu.

Kalau Anda mengalami sindrom ini atau bertemu dengan seseoang yang Anda kenal mengalami sindrom ini, berikan bantuan, dukungan untuk pergi ke ahlinya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *