radarutama.com – Sejak berita wafatnya Ratu Elizabeth II diumumkan pada Kamis (8/9/2022) sore, Inggris dibanjiri oleh simpati dari berbagai kalangan di seluruh dunia, termasuk dari dalam keluarga kerajaan itu sendiri.

Di antaranya, cucu Ratu Elizabeth, Pangeran Harry dan istrinya, Meghan Markle , yang turut memberikan penghormatan kepada sang Ratu di situs website untuk yayasan mereka, Archewell.

Setelah berita kematian sang Ratu tersiar, halaman depan situs Archewell berubah menjadi latar belakang hitam sederhana dengan teks putih bertuliskan, “In loving memory of Her Majesty Queen Elizabeth II 1926-2022.”

Pada waktu kematian Ratu di usianya yang ke-96 tahun, Harry — yang berada di Eropa bersama Meghan untuk serangkaian acara amal — bergabung dengan anggota keluarga kerajaan lainnya di Balmoral .

Itu merupakan tempat peristirahatan Skotlandia yang dicintai Ratu, di mana dia telah ditempatkan di bawah pengawasan medis dan akhirnya meninggal dunia.

Hubungan keluarga Harry dengan kakek dan neneknya

Sejak Harry dan Meghan memutuskan untuk mundur sebagai bangsawan dan pindah ke Amerika pada tahun 2020, beberapa kali muncul spekulasi tentang hubungan mereka yang kurang baik dengan keluarga kerajaan.

Namun, bagaimanapun juga, saat itu kakek dan nenek Harry tetap memainkan peran penting dalam hidupnya.

Harry dikatakan sangat dekat dengan kakeknya, Pangeran Philip, yang meninggal pada April 2021.

Dia dan Meghan juga memilih untuk memberi penghormatan kepada Ratu Elizabeth ketika menamai putri mereka, Lilibet alias “Lili” yang merupakan nama panggilan Ratu dalam keluarga kerajaan.

Pada tahun 2022, keluarga Sussex mengunjungi Ratu dalam beberapa kesempatan untuk minum teh bersamanya di Windsor pada bulan April saat mereka melakukan perjalanan ke Den Haag untuk Invictus Games.

Dan kemudian pada bulan Juni, ketika mereka mengunjungi Inggris untuk perayaan Platinum Jubilee Ratu Elizabeth di akhir pekan.

Meskipun detail resmi untuk pemakaman Ratu Elizabeth belum dikonfirmasi kepada publik, kemungkinan Harry akan hadir untuk acara tersebut seperti yang dia lakukan untuk pemakaman Philip.

Pada saat itu, Meghan, yang sedang hamil tua bayi Lili, tidak dapat melakukan perjalanan ke Inggris.

Kendati demikian, belum jelas apakah Duke dan Duchess of Sussex itu akan tetap berada di Inggris untuk memberikan penghormatan terakhir mereka kepada sang nenek tercinta.