Sering Dibiarkan, 5 Tanda Terlalu Lama Menatap Gadget

radarutama.com – Menatap Gadget/ Foto: Shutterstock

Dream – Tak bisa dipungkiri bahwa gadget jadi benda yang selalu dibawa ke mana pun. Kehidupan modern kadang memaksa kita untuk terus menggunakan gadget kapan pun.

Seperti kita tahu bahwa menatap layar gadget yang berlebihan tidak baik untuk kesehatan. Untuk itu, penting untuk membatasi waktu bermain gadget ketika tubuh merasakan dampaknya. Lantas, apa saja gejala yang dirasa ketika terlalu banyak bermain gadget?

PerihEffek mata perih dapat terjadi ketika terlalu lama menatap layar gadget. Hal ini dikarenakan mata tidak berkedip dalam waktu lama ketika menatap. Menatap layar terus menerus, membuat mata jadi kering dan perih.

Air MataKeluar air mata tanpa sadar bisa terjadi ketika mata lelah menatap layar. Mirip seperti mata perih, mata berair terjadi ketika mata kurang berkedip, sehingga mata dengan sendirinya mengeluarkan air mata untuk menyegarkannya.

Sakit Kepala dan tubuhSakit kepala atau sakit di atas alis mungkin timbul saat melihat perangkat gadget. Selain itu, bekerja dengan melihat komputer seharian juga bisa mengubah postur. Akibatnya, punggung dan leher mungkin sakit karena membungkuk.

Sulit FokusSaat kita berkonsentrasi pada suatu titik dengan jarak yang dekat dan lama, otot mata akan tegang. Akibatnya, mata bekerja lebih keras untuk mempertahankan fokus. Mata pun memerlukan waktu lebih ketika mengalihkan pandangan, dan pandangan dapat terlihat kabur.

Kurang TidurCahaya yang keluar dari layar gadget menyebabkan sulit tidur bagi pengguna. Hal ini karena cahaya biru yang dipancarkan dari gadget dapat memicu bagian otak yang membuat diri menjadi waspada.

Cara Mengatasi

Untuk mengatasi dampak yang diakibatkan, kamu bisa melakukan aturan 20-20-20. Setiap 20 menit, lihat ke atas minimal jarak 20 kaki, selama 20 detik. Cara ini membantu mata otot mata untuk rileks dan berhenti berkontraksi.

Kamu juga bisa mengedipkan mata lebih banyak, stretching anggota badan seperti leher dan punggung, serta memberikan waktu istirahat untuk mata. Sesuaikan juga jarak, dan pastikan untuk meletakkan gadget agar tidak terlalu dekat dengan mata. Selain itu, batasi penggunaan gadget dalam keseharianmu.

Laporan: Meisya Harsa Dwipuspita/ Sumber: MarthaStewart

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *