Stres Ternyata Bisa Menyebabkan Gatal-Gatal, Simak Gejala dan Pencegahannya

radarutama.com – Stres Ternyata Bisa Menyebabkan Gatal-Gatal, Intip Penjelasannya (Foto Ilustrasi: Shutterstock)

Dream – Semua orang tentu pernah mengalami stres baik karena pekerjaan ataupun masalah pribadi. Skala stres setiap orang bervariasi dari sekadar membuat pusing kepala sampai tingkat terparah yaitu memicu depresi berlebihan.

Meski merupakan respons emosional alami manusia saat menghadapi masalah, stres tetap harus dikelola dengan baik karena bisa berdampak signifikan pada kesehatan fisik.

Salah satu efek fisik paling terlihat ketika seseorang mengalami stres berat adalah sakit kepala, lesu, dan cenderung malas melakukan sesuatu.

© MEN

Stres juga ternyata bisa memicu munculnya ruam dan gatal pada kulit lho Sahabat Dream.

Nah buat kamu yang mengalami efek terakhir ini, yuk kenali lebih dalam bagaimana gatal karena stres bisa timbul serta cara mencegahnya.

Kaitan Stres dan Gatal-Gatal

Ketika dilanda stres, tubuh mengeluarkan Histamin yang kemudian masuk ke pembuluh darah dan menyebabkan peradangan. Bagian pembuluh darah yang membesar akan mengakibatkan bekas dan pembengkakan jaringan di sekitarnya atau yang biasa disebut ruam atau bentol.

Ruam stres juga bisa disebabkan oleh kadar Kortisol yang tinggi sehingga menyebabkan peradangan serta memicu pelepasan histamin.

Sebagian orang yang lebih rentan mengalami gatal stres seperti pengidap kondisi kulit eksim, psoriasis, dan rosacea. Wanita berusia antara 30 – 50 tahun juga berisiko lebih tinggi mengalami gatal stres.

Bentuk Gatal Stres

© Shutterstock

Gatal yang disebabkan oleh stres dapat berupa seperti gatal pada umumnya, yaitu bekas merah dengan bermacam ukuran dan bisa dimana saja.

Ruam dan bentol dapat terlihat mirip dengan reaksi alergi terhadap makanan, obat-obatan, bahan kimia, atau bahkan mirip dengan gigitan serangga. Biasanya, ruam dan bentol ini menyebabkan sensasi gatal, terbakar, atau bahkan sakit.

Cara Mengobati Gatal Stres

Gatal Stres ini bisa diredakan dan dihilangkan dengan obat antihistamina yang dijual di pasaran.

Namun, jika ruam tidak sembuh dalam waktu 3 bulan, sebaiknya kunjungi dokter. Juga jika mengalami gejala lain seperti sesak napas, atau tenggorokan bengkak, bibir dan lidah bengkak, perubahan suara, dan sulit menelan liur.

© MEN

Cara Mencegah Gatal Stres

Karena gatal yang muncul dipicu oleh stres, maka penderita harus mengelola stres dengan lebih baik.

© Shutterstock

Hal ini bisa dilakukan dengan tidur yang cukup, menghindari pemicu stres yang ada di luar kendali diri. Penderita bisa mempraktikkan latihan pengurangan stres seperti yoga, meditasi, berendam, atau berjalan-jalan.

(Sah, Laporan: Meisya Harsa Dwipuspita/ Sumber: stress-hives-pictures/”>Prevention)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *