radarutama.com – Masyarakat menyambut baik diselenggarakannya operasi bibir sumbing gratis.

Kegiatan ini dinilai membuat tersenyum kembali dan dapat membantu mengembalikan kepercayaan penderita. H

al itu terlihat saat pelaksanaan bibir sumbing di Rumah Sakit Hermina Galaxy, Kota Bekasi, Rabu 7 September 2022.

Menurut informasi, sumbing bibir dan celah lelangit (cleft lip and palate atau Labiopalatoschizis) merupakan salah satu kelainan yang sering terjadi di masyarakat Indonesia .

Tak hanya masalah estetika, kondisi ini juga menjadi masalah fungsional bagi para penderitanya.

Jumlah penderita bibir sumbing dan lelangit ini bervariasi, berdasarkan lokasi geografis, etnik, dan gender.

Melansir Kementerian Kesehatan (2019), data menunjukkan bahwa prevalensi bibir sumbing dan lelangit di Indonesia adalah 0,2 persen. Kondisi ini disebut bisa mencapai angka 7.500 per tahun.

Direktur PT Industri Jamu dan Farmasi Sido Muncul, Tbk Irwan Hidayat mengakui, tingginya angka penderita sumbing bibir dan lelangit ini menjadi perhatian.

Oleh karena itu, perusahaannya menggelar bakti sosial melalui salah satu produk suplemen kesehatannya Kuku Bima bekerja sama dengan salah satu NGO internasional, yaitu Smile Train Indonesia .

“Fokus bantuan diberikan kepada penderita yang berasal dari keluarga kurang mampu. Kami berharap operasinya berjalan dengan lancar agar pasien dapat kembali tersenyum dan dapat meningkatkan kepercayaan dirinya dalam bersosialisasi,” kata Irwan Hidayat.

Pada kesempatan itu, pihak Sido Muncul memberikan bantuan Operasi Sumbing Bibir senilai Rp210 juta yang diserahkan Irwan Hidayat kepada Country Manager and Program Director Smile Train Indonesia Deasy Larasati disaksikan Direktur RS Hermina Galaxy, dr. Wagiu F. P. Kaunang, MARS.

Irwan mengatakan, pihaknya berkomitmen melanjutkan Operasi Sumbing Bibir Gratis dan dilakukan secara rutin.

“Harapannya setiap dua minggu sekali bisa melakukan operasi . Tahun depan sudah menganggarkan sebanyak 2000 anak. Sudah dianggarkan untuk itu,” ujarnya.

Sementara itu, Country Manager and Program Director Smile Train Indonesia Deasy Larasati mengungkapkan, setiap bulannya tidak kurang dari 400 permohonan operasi bibir sumbing kepada Smile Train.

“Kami mengucap syukur kepada Sido Muncul, RS Hermina yang memberikan bantuan ini dan memberikan senyum untuk anak Indonesia ,” kata Deasy

Direktur RS Hermina Galaxy dr. Wagiu F. P. Kaunang, MARS mengungkapkan rasa salutnya kepada berbagai pihak yang mempunyai rasa kemanusiaan yang begitu besar untuk membantu para penderita sumbing bibir dan lelangit, khususnya anak-anak di Bekasi.

“Kami sangat salut, respect. Kita berharap Sido Muncul selalu diberkati sehingga [Sido Muncul] terus bisa memberkati orang-orang yang membutuhkan bantuan,” kata Kaunang.***