radarutama.com – Memakai kutek atau cat kuku mungkin menjadi hobi menyenangkan bagi sebagian orang, terutama perempuan.

Namun jika cat kuku tak sengaja menetes ke pakaian, tentu kegiatan ini tidak lagi menyenangkan karena dapat meninggalkan noda permanen. Tak jarang, kita pun panik karenanya.

Kendati demikian, Patric Richardson dari The Laundry Evangelist menyarankan kita agar tidak panik. Pasalnya, panik bisa membuat noda makin menyebar tanpa sengaja.

Lalu jika sudah cukup tenang, Richardson mengatakan kita bisa mulai mencoba menghilangkan noda cat kuku dengan beberapa langkah sederhana dan menggunakan bahan yang ada di rumah.

Menghilangkan noda cat kuku di pakaian

Namun sebelum memulainya, ada beberapa hal yang perlu kita perhatikan, seperti mempersiapkan bahan-bahan berikut ini.

  • Potongan kertas (untuk menghapus cat kuku sisa)
  • Sabun berminyak
  • Pembersih cat kuku
  • Handuk

Setelah itu, kita juga perlu menguji produk dan cara membersihkan di sedikit area di bagian dalam kain.

Hal ini perlu dilakukan untuk memastikan agar metode membersihkan noda cat kuku yang kita lakukan tidak merusak kain. Kita juga perlu melakukannya dengan perlahan dan hati-hati.

Lalu setelah mengumpulkan bahan yang diperlukan dan menguji metode membersihkannya, kita bisa melakukan langkah membersihkan noda cat kuku pada pakaian, berikut ini,

  • Menghilangkan cat kuku di kain

Jika masih basah, hilangkan noda cat kuku dengan cara mengambil cat kuku yang belum terserap kain, dan jangan menggosoknya.

Menggosoknya hanya akan membuat cat kuku makin terserap dan sulit dihilangkan.

Richardson pun menyarankan untuk mengambil sisa cat kuku itu dengan sesuatu yang tipis, seperti kartu nama atau kertas yang dilipat.

  • Gunakan sabun dan air

Untuk menghilangkan noda yang tersisa, rendam cotton bud dengan sabun berminyak dan oleskan ke noda dari tepi luar ke tengah.

Lalu, ganti cotton bud dengan yang bersih saat mengambil cat. Sebab jika tidak, akan berisiko memperburuk noda.

  • Bilas bersih

Setelah mengaplikasikan larutan pembersih, bilas kain sampai bersih dengan mengalirkan sedikit air hangat langsung dari keran.

Menggunakan pembersih cat kuku untuk noda membandel

Jika ada noda membandel setelah kita mencoba membersihkannya dengan sabun dan air, cobalah bersihkan dengan pembersih cat kuku.

Berikut langkahnya.

  • Lakukan tes pada kain

Sebelum menggunakan teknik ini, Richardson mengatakan untuk menguji metodenya dulu pada sepetak kecil kain.

Pasalnya, terkadang kain mengandung asetat, dan aseton (pembersih cat kuku), bisa melarutkannya.

Lalu untuk diketahui, asetat jarang ditemukan pada kain modern, meski sempat populer pada beberapa waktu lalu, Karena itu, tak heran jika beberapa kain antik masih memilikinya.

  • Mengatasi nodanya

Setelah yakin pakaian tidak mengandung asetat, letakkan handuk bekas di bagian bawah noda dan gunakan cotton bud untuk mengoleskan aseton.

Handuk pun akan akan menyerap warna cat dan menghentikan penyebaran noda saat pembersih menyentuhnya.

Lakukan hal ini hingga noda hilang, lalu bersihkan noda dengan sabun dan air.

Setelah itu, kita hanya perlu mengganti handuk dan cotton bud jika sudah terlalu kotor, serta bilas dengan air hangat dari keran.

Cara menghilangkan noda cat kuku yang mengering

Jika cat kuku yang menetes ke pakaian sudah terlanjur kering, jangan khawatir. Sebab, belum terlambat untuk menyelamatkannya.

Menurut Richardson, kita bisa menghilangkan noda cat kuku kering dengan penghapus cat kuku , lalu menghilangkan residunya dengan sabun dan air.

Namun, kemungkinan kita harus membersihkannya dengan penghapus cat kuku berulang kali dan mengujinya pada kain terlebih dahulu.

Terakhir, Richardson pun mengingatkan agar pakaian dengan noda cat kuku kering tidak dimasukkan ke dalam pengering sampai nodanya benar-benar hilang.

Sebab menurutnya, hal itu hanya akan membuat noda lebih sulit dikeluarkan.