radarutama.comJakarta, CNBC Indonesia – Ratu Kerajaan Inggris, Elizabeth II, meninggal dunia di usia ke 96 tahun pada Kamis (8/9/2022) sore waktu setempat. Ia tercatat sebagai pemimpin yang paling lama berada di singgasana kekuasaan, yakni selama 70 tahun.

Tentu ketangguhan dan ketekunannya memimpin Kerajaan Inggris selama berpuluh-puluh tahun banyak dipuji. Tak sedikit yang penasaran apa rahasia panjang umur Ratu Elizabeth II.

Berikut adalah rahasia hidup sehat dan panjang umur Ratu Elizabeth II:

Semasa hidupnya, Ratu Elizabeth terkenal aktif dan memiliki banyak kegiatan. Namun salah satu rutinitas yang kerap ia lakukan adalah rutin berjalan kaki di taman Istana Buckingham, setelah makan siang.

Mungkin terdengar sederhana, namun berjalan kaki faktanya memiliki segudang manfaat untuk kesehatan. Studi menunjukkan bahwa manfaat berjalan kaki setiap hari secara teratur adalah penurunan risiko serangan jantung, stroke, diabetes, dan tekanan darah tinggi.

Ada pula studi lain menunjukkan perempuan yang melangkah sebanyak 4.400 setiap harinya hidup lebih lama dibanding mereka yang kurang aktif. Nah, kamu juga bisa mencoba untuk berjalan kaki setelah makan siang, setidaknya selama setengah jam setiap hari.

Menurut mantan koki Istana, Darren McGrady, Ratu adalah penggemar berat buah stroberi. Semasa hidupnya, ia selalu mengonsumsi stroberi setiap hari.

Bahkan saking sukanya dengan buah itu, dia mempunyai kebun buah berries di pekarangan di rumahnya di Balmoral Castle, Skotlandia. Di sana banyak ditanami berbagai macam buah berries seperti raspberry, strawberry dan gooseberry.

“Ratu akan makan stroberi tiga atau empat kali seminggu di Balmoral jika sedang musimnya,” katanya.

Buah berries, khususnya strawberry, memiliki kandungan Vitamin C yang sangat tinggi. Selain itu, buah berries juga terkenal kaya akan kandungan antioksidan yang baik untuk menangkal radikal bebas.

Sebagai orang Inggris tulen, Ratu suka ritual minum teh di sore hari. Biasanya di pagi hari nenek dari Pangeran William ini akan menyesap secangkir teh Earl Grey atau Darjeeling, ditambah sedikit susu dan tanpa gula.

Kemudian, di sore hari, Ratu yang memiliki nama asli Elizabeth Alexandra Mary, tersebut akan minum teh lagi sekitar pukul 5 sore.

Selain teh, Ratu Elizabeth II ternyata juga gemar konsumsi dark chocolate.

“Sang Ratu suka makan makanan apa pun dari perkebunan, seperti burung buruan, burung pegar, belibis, ayam hutan. Dia suka makanan itu ada di menu. Tapi tentu saja, dia suka cokelat. Itu favoritnya, dan harus dark chocolate. Semakin gelap cokelatnya, semakin baik.” kata McGrady.

Dark chocolate merupakan salah satu sumber antioksidan yang baik. Banyak studi yang menyatakan bahwa cokelat hitam dapat meningkatkan kesehatan tubuh dan menurunkan risiko penyakit jantung hingga memperlambat proses penuaan.

Salah satu rahasia sehat dan bugar Ratu Elizabeth II adalah ia selalu menjaga otaknya agar tetap aktif. Peneliti budaya Inggris Bryan Kozlowski mengungkapkan bahwa setiap hari sang Ratu menerima kotak besar yang berisikan dokumen-dokumen pekerjaan. Ia menghabiskan waktu berjam-jam untuk membaca dan meneliti dokumen pekerjaan tersebut.

Selain itu, Ratu Elizabeth II diketahui juga rajin membaca koran saat sarapan pagi dan selalu mengikuti semua perkembangan politik dan sosial yang terjadi.