radarutama.comPIKIRAN RAKYAT- Meski kini sudah duduk di kursi takhta kerajaan Inggris, Raja Charles III tak sepenuhnya bahagia.

Kesedihan dirasakan Raja Charles III atas meninggalnya Ratu Elizabet II pada Kamis, 8 September 2022 kemarin.

Pada pidato pertamanya sebagai Raja Inggris, Charles menyampaikan beberapa poin penting.

Charles yang akan menjadi Calon Raja Charles III itu mengungkapkan pidato pertamanya pada Jumat, 9 September 2022.

Isi pidato Raja Charles II tersebut adalah sebagai berikut ini:

1. “Saya berbicara kepada Anda hari ini dengan perasaan duka yang mendalam. Sepanjang hidupnya, Yang Mulia Ratu, Ibu tercinta adalah inspirasi dan teladan bagi saya dan seluruh keluarga saya, dan kami berhutang padanya hutang paling tulus yang dapat dihutang oleh keluarga manapun. kepada ibu mereka; untuk cinta, kasih sayang, bimbingan, pengertian, dan teladannya.”

2. “Ratu Elizabeth adalah kehidupan yang dijalani dengan baik. Sepanjang hidupnya, Ratu adalah inspirasi. Sebuah janji dengan takdir yang ditepati dan dia sangat berduka atas kematiannya. Janji pelayanan seumur hidup itu saya perbarui kepada Anda semua hari ini.”

3. “Sebagai Ratu sendiri melakukan pelayanannya dengan dedikasi, saya juga berjanji dedikasi saya untuk konstitusi. Saya akan berusaha untuk melayani Anda dengan kesetiaan dan cinta.”

4. “Mamaku tersayang, saat kamu memulai perjalanan besar terakhirmu untuk bergabung dengan mendiang Papaku tersayang, aku hanya ingin mengatakan ini: terima kasih. Terima kasih atas cinta dan pengabdianmu kepada keluarga kami dan keluarga bangsa yang telah kamu layani dengan begitu rajin. selama ini. Semoga ‘penerbangan Malaikat menyanyikanmu untuk istirahatmu’.”

5. “Selain kesedihan pribadi yang dirasakan semua keluarga saya, kami juga berbagi dengan banyak dari Anda di Inggris, di semua negara di mana Ratu menjadi Kepala Negara, di Persemakmuran dan di seluruh dunia.

6. “Dedikasi dan pengabdiannya sebagai Penguasa tidak pernah goyah, melalui masa-masa perubahan dan kemajuan, melalui saat-saat kegembiraan dan perayaan, dan melalui saat-saat kesedihan dan kehilangan.

7. “Dalam kehidupan pelayanannya, kami melihat kecintaan yang abadi pada tradisi, bersama dengan pelukan kemajuan yang tak kenal takut, yang membuat kami hebat sebagai Bangsa. Kasih sayang, kekaguman, dan rasa hormat yang dia ilhami menjadi ciri khas pemerintahannya.

8. “Dia menggabungkan kualitas-kualitas ini dengan kehangatan, humor, dan kemampuan yang tak pernah salah untuk selalu melihat yang terbaik dari orang-orang.”

9. “Dengan Catherine di sampingnya, Pangeran dan Putri Wales kita yang baru, saya tahu, akan terus menginspirasi dan memimpin percakapan nasional kita, membantu membawa kaum marginal ke titik pusat di mana bantuan vital dapat diberikan.”

10. “Saya mengungkapkan cinta saya untuk Pangeran Harry dan Meghan saat mereka terus membangun kehidupan mereka di luar negeri.“***