radarutama.com – Berpulangnya Ratu Elizabeth II menimbulkan duka, pasalnya dia telah berkuasa di kerajaan Inggris selama 70 tahun.

Dia menjadi ratu semenjak naik takhta pada 6 Februari 1952, setelah ayahnya Raja George VI meninggal dunia.

Ratu Elizabeth II memiliki nama lengkap Elizabeth Alexandra Mary lahir pada 21 April 1926, di Jalan Bruton No 17, Mayfair, London.

Pada awalnya, Ratu Elizabeth II sangat bergantung pada penasihat lama ayahnya, tetapi secara bertahap dia belajar untuk memodernisasi monarki dinegara tersebut ditemani oleh sang suami Pangeran Philip.

Baca Juga: Daftar 108 Kata Bahasa Anak Jaksel 2022 Lengkap dengan Artinya, Disusun Alfabetis

Berikut fakta menarik terkait Ratu Elizabeth II seperti dikutip dari History dan Reuters:

1. Pemimpin Inggris Terlama

Ratu Elizabeth II telah memimpin negara Inggris sejak tahun 1952-2022. Sang Ratu merupakan sosok yang bermartabat dan memerintah lama daripada pemimpin Inggris lainnya.

Dia telah membantu mengarahkan institusi negara Inggris ke dunia modern, menghilangkan ritual pengadilan dan membuat kerajaan Inggris lebih terbuka serta mudah diakses.

Sang Ratu juga selalu mencoba untuk mengatasi hambatan kelas dan mendapatkan rasa hormat dari pemimpin dunia yang keras sekalipun.

2. Jadi Ratu Saat Berusia 25 tahun

Raja George VI adalah ayah dari Ratu Elizabeth II yang naik takhta pada tahun 1937, menggantikan kakak nya sendiri yaitu Raja Edward.

Raja Edward memilih mundur menjadi seorang raja karena ingin menikahi pujaan hatinya yaitu Wallis Simpson asal Amerika.

Saat Ratu Elizabeth II berusia 25 tahun, Raja George VI meninggal dunia, dan secara resmi ia menjadi pemimpin Inggris selanjutnya.

“Ayah saya meninggal terlalu muda dan itu semua tiba-tiba, saya harus membuat pekerjaan terbaik yang bisa saya lakukan,” ujar Ratu Elizabeth II dalam sebuah film dokumenter tahun 1992.

3. Menikah dengan Sepupu

Ratu Elizabeth II menikah dengan sepupunya sendiri yaitu Pangeran Philip seorang Letnan di Angkatan Laut Kerajaan yang berasal dari Yunani.

Pangeran Philip dan Ratu Elizabeth merupakan cicit dari Ratu Victoria dan Pangeran Albert.

Meskipun awalnya banyak dari kalangan kerajaan memandang Pangeran Philip sebagai pasangan yang tidak bijaksana, tetapi Ratu Elizabeth II tetap bertekad untuk menikah dengannya.

Pernikahan mereka terjadi pada 20 November 1947, di Westminster Abbey. (Yulia Ratnasari)***