32 Emiten Raih CSA Awards 2022, Delapan Diantaranya dari BUMN

radarutama.comTRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – Sebanyak delapan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) bertatus perusahaan publik dan 23 emiten swasta dari berbagai sektor industri meraih penghargaan CSA Awards 2022 yang diselenggarakan di Jakarta pada Kamis 27 Oktober 2022.

Haryajid Ramelan, Ketua Panitia Pelaksana CSA Awards mengatakan, ajang penghargaan bergengsi dari para analis ini merupakan yang keempat kalinya diselenggarakan sejak tahun 2017 dan sempat terhenti saat pandemi.

Ajang ini melibatkan Tim Juri CSA Awards yang terdiri dari 5 professor dan 10 analis senior, beberapa analis anggota CSA Community, serta tokoh pasar modal.

“Karena pandemi Covid-19, kegiatan ini terhenti selama dua tahun. Tahun ini kita adakan dalam bentuk rangkaian kegiatan CSA Awards,” ujar Haryajid.

Serangkaian kegiatan tersebut antara lain, CSA Research Competition, Unboxing Emiten, CSA Awards dan puncak acara Capital Market Outlook 2023. Rangkaian kegiatan ini mengambil tema Membangun industri pasar modal yang adaptif di era digital pasca pandemi.

Dia mengatakan, selain penghargaan untuk emiten , ada kompetisi riset untuk mahasiswa dan umum, unboxing emiten yang telah berjalan sejak Juli dan ditutup dengan Capital Market Outlook akhir tahun ini.

Menurut Haryajid, penghargaan emiten CSA AWARDS tahun ini, sangat berkelas, karena dinilai oleh tim juri yang memiliki kapasitas, kapabilitas dan profesionalitas yang mumpuni. “Sebanyak 5 orang profesor senior yang dipimpin Prof Roy Sembel mengawal penjurian ini,” ungkapnya.

Adapun unboxing emiten merupakan program berupa podcast menghadirkan emiten -emiten untuk menyampaikan visi, misi dan perkembangan bisnisnya kepada masyarakat, khususnya investor pasar modal. Program ini mendapat respon positif dari emiten , ditandai banyaknya emiten yang ikut serta.

Prof Roy Sembel selaku Ketua Tim Juri menyatakan pemberian penghargaan kepada emiten ini, dilakukan melalui proses penilaian panjang, baik dari segi kuantitatif maupun kualitatif. “Kami telah memulai proses ini sejak Juli 2022, hingga minggu lalu baru semua tim juri memutuskan mana emiten yang terbaik bagi seluruh stakeholder,” ungkap Roy.

Menurutnya, dari jumlah 800 emiten , tim juri telah menseleksi melalui berbagai tahapan, hingga terpilih 129 emiten masuk nominasi penilaian lebih lanjut. Nominasi didasarkan pada lima kriteria, yaitu aspek profitabilitas di masa mendatang, aspek keterbukaan terhadap pemegang saham, aspek good corporate governance (GCG), aspek likuiditas saham, aspek manajemen risiko dan aspek enviroenment, social, governance.

“Emiten nominator ini kami nilai berdasarkan kinerja kualitatif dan kuantitatif perusahaan dan juga saham favorit pilihan para analis,” ujarnya.Dari sejumlah 129 nominator yang masuk, kemudian dipilah berdasarkan 11 sektor dan dibagi dalam dua kategori emiten di tiap sektor. Yaitu kategori emiten yang memiliki nilai kapitalisasi pasar Big Caps dan kategori emiten yang memiliki nilai kapitalisasi pasar Non Big Caps. Setelah diberikan nilai kuantitatif dan kualitatiif, terpilih sebanyak 30 emiten berhak meraih Best Awards berdasarkan sektor dan saham favorit pilihan analis.

Dari 29 emiten , tim juri menilai kembali untuk memilih Best of The Best dan akhirnya diputuskan sebanyak 3 emiten memperoleh penghargaan Best of The Best Awards CSA 2022.

Rinciannya adalah:

1. Best of The Best Big Capitalization, diraih PT Telekomunikasi Indonesta Tbk (TLKM). Emiten Kategori Kapitalisasi Saham Besar Terbaik.

2. Best of The Best Non Big Capitalization, diraih PT Samudera Indonesia Tbk (SMDR). Emiten Kategori Kapitalisasi Saham Non Besar Terbaik.

3. Best of The Best Analyst’s Favourite, diraih PT Bank Central Asia Tbk (BBCA). Saham Emiten Terfavorit pilihan Analis

Tim juri juga memberikan dua penghargaan CSA Awards yang didasarkan pada aspek innovation business. Penghargaan The Best of Innovation Telecommunication Infrastructure diberikan kepada PT Dayamitra Telekomunikasi Tbk (MTEL). Emiten memiliki inovasi terbaik bidang Infrastruktur Telekomunias (InfraTelco)

Sementara, penghargaan The Best Performance of Mortgage diberikan kepada PT Bank Tabungan Negara Tbk (BBTN). Emiten memiliki inovasi terbaik bidang pembiayaan perumahan (Mortgage).

Panitia CSA Awards juga memberikan hadiah dan piala kepada 10 pemenang lomba riset kompetisi CSA yang terbagi dalam dua kategori, yaitu kategori mahasiswa/dosen dan kategori umum.

Menteri Agama Sebut Santri Bisa Jadi Presiden, Dukung Erick Thohir Setidaknya Jabat Wapres

Privacy Policy

We do not collect identifiable data about you if you are viewing from the EU countries.For more information about our privacy policy, click here

Menteri Agama Sebut Santri Bisa Jadi Presiden, Dukung Erick Thohir Setidaknya Jabat Wapres

Erick Thohir Disebut Pahlawan Selamatkan Sepak Bola Indonesia, Berhasil Lobi FIFA Tak Beri Sanksi

Erick Thohir Genjot BUMN Belanja Produk UMKM, Akui Dengar Permintaan Jokowi Jaga Ekonomi Rakyat

Erick Thohir Ajak Perusahaan & Karyawan BUMN Beralih ke Kendaraan Listrik karena Biaya Lebih Murah

Presiden FIFA Bertemu Jokowi di Istana Merdeka Hari Ini, Bakal Bahas Soal Sepak Bola Indonesia

Disebut Meningkatkan Kinerja Kementerian BUMN, Erick Thohir Jadi Tokoh Muda Paling Berpengaruh

Terungkap Fakta Gang Lokasi Tragedi Pesta Halloween Itaewon, Hanya Lebar 4 Meter, Mobil Sulit Masuk

Rukka Sombolinggi Desak Pengesahan RUU Masyarakat Adat di Penutupan KMAN VI

Drone Ukraina Ditembak Jatuh Rusia, saat Ukraina Berupaya Menyerang Pelabuhan

Dewi Persik Murka Dituduh Jual Diri & Disebut Iri ke Lesti Kejora, Buat Sayembara Hadiah Rp100 Juta

Manajer Tak Bantah soal Kabar Leslar Entertainment Bubar

Tegas Pimpin Apel Kesiapsiagaan Kontijensi, Jenderal Dudung: TNI AD Harus Semakin Menunjukan Perang

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *