radarutama.com – Ratu Elizabeth II meninggal dunia pada usia 96 tahun. Menghormati mendiang Ratu Elizabeth II , meriam ditembakkan sebanyak 96 kali untuk mengenang mendiang sang ratu.

Seperti dilansir AFP, Jumat (9/9/2022), tembakan meriam terdengar di keempat penjuru Inggris dan sekitarnya pada Jumat (9/9) waktu setempat dalam upacara ‘penghormatan senjata’ untuk mengenang Ratu Elizabeth II.

Sebanyak 96 tembakan meriam dilepaskan dari Hyde Park dan Menara London, Kastil Edinburgh di Skotlandia, Kastil Hillsborough di Irlandia Utara dan Kastil Cardiff di Wales, serta Channel Kepulauan dan Gibraltar.

Seperti diketahui Raja Charles III dan anggota Kerajaan Inggris lainnya memulai masa berkabung resmi atas wafatnya Ratu Elizabeth II.

Seperti dilansir AFP, Jumat (9/9), Istana Buckingham mengumumkan bahwa masa berkabung resmi untuk anggota Kerajaan Inggris, atau disebut royal mourning, akan berlangsung mulai Jumat (9/9) hingga tujuh hari setelah pemakaman kenegaraan Ratu Elizabeth II, yang belum diumumkan tanggal pastinya.

“Menyusul wafatnya Yang Mulia Ratu, Yang Mulia Raja mengharapkan agar masa berkabung kerajaan digelar mulai sekarang hingga tujuh hari setelah Pemakaman Ratu,” demikian pernyataan resmi Istana Buckingham pada Jumat (9/9) waktu setempat.

“Tanggal pemakaman akan dikonfirmasi pada waktunya,” imbuh pernyataan itu.

Masa berkabung kerajaan atau royal mourning berbeda dengan masa berkabung nasional (national mourning). Royal mourning akan dijalankan oleh seluruh anggota keluarga Kerajaan Inggris, juga para staf Kerajaan Inggris dan tentara-tentara yang menjalankan tugas-tugas seremonial.

Bendera di kediaman-kediaman Kerajaan Inggris akan tetap dikibarkan setengah tiang hingga hari terakhir masa berkabung kerajaan.