radarutama.com – Ratu Elizabeth II meninggal dunia akibat sakit pada Kamis, 8 September 2022 waktu Inggris.

Diketahui, Ratu Elizabeth II berpulang di Kastil Balmoral, Skotlandia akibat sakit dan kondisi kesehatannya yang mulai memburuk selama beberapa bulan ke belakang.

Sebelum meninggal dunia, Ratu Elizabeth II pun diketahui telah memimpin Kerajaan Inggris selama 70 tahun lamanya.

Adapun, Ratu Elizabeth II memecahkan rekor sebagai penguasa monarki Inggris terlama, mengalahkan kepemimpinan Ratu Victoria selama 63 tahun, tujuh bulan, dua hari yang telah berakhir pada tahun 1901.

Selain itu, ibu dari Pangeran Charles, Putri Anne, Pangeran Andrew dan Pangeran Edward tersebut juga menorehkan sejumlah rekor lainnya.

Diantaranya, ia memukau publik dengan berakting dalam video pembukaan Olimpiade London 2012.

Saat itu, sang penguasa Inggris tersebut diperlihatkan sedang terjun menggunakan parasut dari helikopter bersama dengan Daniel Craig yang terkenal dengan perannya sebagai James Bond .

Menariknya, sang Ratu meminta agar keterlibatannya dalam video tersebut, terlebih soal aktingnya untuk dirahasiakan dari keluarganya. Sejumlah anjing kesayangan Ratu Elizabeth II pun turut menjadi pemeran pendukung dalam video tersebut.

Tak hanya soal aktingnya, Ratu Elizabeth juga selalu disangkut pautkan dengan lukisan. Pasalnya, penguasa monarki Inggris terlama itu sudah menjadi model untuk 200 lukisan. Adapun, ia berpose menjadi model sejak berusia 7 tahun yang kebanyakan dilukis dengan gaya tradisional.

Sebagai informasi, selama berkuasa di Kerajaan Inggris , Ratu Elizabeth II telah mengelilingi lebih dari 100 negara sejak tahun 1952. Ia bahkan telah mengunjungi Kanada sebanyak 22 kali dan Perancis sebanyak 13 kali.

Sementara, Ratu Elizabeth II juga diketahui telah mengunjungi 150 negara persemakmuran. Ia juga menjadi pemimpin pertama yang mengunjungi Cina daratan.

Adapun, Ratu Elizabeth II berhenti mengunjungi negara-negara di luar Inggris saat usianya 89 tahun, yaitu pada November 2015.

Selama kekuasaannya, Ratu Elizabeth II sendiri telah menghadiri sebanyak 21.000 acara, mesahkan 4.000 perundang-undangan kerajaan serta menjadi tuan rumah dari 112 kunjungan kepala negara lainnya.

Sebanyak 15 perdana menteri pun bekerja dibawah kekuasaan Ratu Elizabeth II selama 70 tahun lamanya. Sebagai informasi, perdana menteri pertama kepemimpinan Ratu Elizabeth II adalah Winston Churchill yang menjabat sejak tahun 1952 hingga 1955.

Sedangkan, perdana menteri terbaru Inggris yang baru saja terpilih beberapa waktu yang lalu adalah Liz Truss.***