radarutama.com PIKIRAN RAKYAT – Ratu Inggris , Elizabeth II meninggal dunia di usia 96 tahun. Kematiannya dikabarkan setelah kondisi kesehatannya semakin memburuk dalam beberapa waktu terakhir.

“Sang Ratu meninggal dengan tenang di Balmoral sore ini,” demikian pernyataan Istana Buckingham.

Setelah kematiannya, tentu akan merubah beberapa tatanan yang sudah ada pada saat kepemimpinannya.

Di antanyata yaitu Pangeran Charles naik takhta, ketika Ratu Elizabeth II meninggal dunia.

Meninggalnya Ratu Elizabeth II akan meninggalkan ruang kosong di posisinya sebagai pemimpin monarki konstitusional britania raya.

Penerus takhta yang berhak menggantikan Ratu Elizabeth II yaitu putra pertamanya, Pangeran Charles atau yang saat ini dijuluki sebagai The Prince of Wales. Pada hari kematian sang ratu juga akan menjadi hari berduka nasional Inggris .

Pada hari kematian sang ratu, libur nasional akan diselenggarakan. Hari tersebut juga termasuk dalam 12 hari berduka nasional Inggris atau yang biasa disebut sebagai Nasional Morning Days.

Bendera-bendera akan dikibarkan setengah tiang, baik anak sekolah maupun mahasiswa akan diliburkan dari kegiatan belajarnya di sekolah dan kampus.

Para pekerja juga akan diliburkan atau dipulangkan lebih awal dari jam kerja mereka. Acara pertandingan olahraga nasional pun akan ditunda. Tak hanya itu, program siaran di radio-radio akan mengubah jadwal acara regular mereka menjadi lebih banyak membahas update berita tentang kematian sang ratu.

Hal tersebut juga akan berpengaruh pada BBC, yang merupakan stasiun televisi negeri utama di Inggris yang tidak akan menyiarkan siaran komedi di channel besar mereka.

BBC Radio juga akan hanya memutar musik-musik yang sesuai dengan tema kematian sang ratu. Para pembawa berita ataupun reporter akan mengenakan pakaian yang serba hitam.

Hal yang akan terjadi setelah kematian Ratu Elizabeth II yaitu akan bergantinya logo perangko, mata uang, dan lagu kebangsaan juga akan berubah.

Gambar pada mata uang Inggris akan mengikuti siapa pemimpin konstitusi konstitusional monarki di kerajaan mereka.

Jadi ketika Pangeran Charles yang akan menjadi raja menggantikan Ratu Elizabeth II , pecahan uang kertas dan uang logam Inggris juga akan berubah. Mata uang yang sebelumnya bergambar Ratu Elizabeth II akan ditarik dari peredaran dan akan diubah dengan uang baru bergambar pangeran Charles .

Hal tersebut mungkin akan membutuhkan waktu yang cukup lama, sebelum semua rakyat Inggris hanya menggunakan uang terbaru mereka.

Begitu juga dengan perangko, perangko yang selama ini bergambarakan Ratu Elizabeth II juga akan diganti dengan wajah pangeran Charles .

Tak berbeda halnya dengan lagu kebangsaan Inggris atau british national anthem. Kalimat pada lagu kebangsaan “God Save The Queen” beserta seluruh kata ganti atau kronom dalam lagu tersebut akan berubah disesuaikan dengan nama dan gender pemegang tahta penerus kerajaan yaitu pangeran Charles . (Khansanida Defta Maura)***