radarutama.com – Seiring dengan pembangunan dan perbaikan kilang yang dilakukan Pertamina , kini operasional kilang lebih hemat dan mampu bersaing dengan sejumlah kilang milik perusahaan energi dunia di Asia Pasifik.

Kerja keras Pertamina tersebut dapat dibuktikan dengan biaya operasional kilang Pertamina yang terus mengalami penurunan rata-rata sekitar USD 3,67 per barel.

Biaya operasional kilang Pertamina ini jauh lebih rendah dibandingkan dengan biaya operasional kilang di Singapura yang mencapai USD 7,81 per barel.

Biaya operasional kilang terendah telah dicapai dua kilang yakni Refinery Unit (RU) IV Cilacap yakni USD 2.83 per barel dan RU III Plaju yakni USD 2.92 per barel.

“Upaya pembangunan dan revamping kilang terus dilakukan Pertamina dan hasilnya mampu menekan operasional kilang sehingga lebih rendah dari perusahaan migas lainnya di Asia Pasific,”ungkap Taufik Aditiyawarman , Direktur Utama PT Kilang Pertamina Internasional.

Penurunan operasional kilang diperoleh dari terobosan dan penghematan yang dilakukan Pertamina , terutama dalam pengadaan minyak mentah.

Saat ini, untuk pengadaan crude Pertamina mampu bersaing di pasar global senilai USD 69,246 per barel lebih rendah dibandingkan dengan perusahaan lain yang berada di angka USD 69,46 per barel dan satu perusahaan migas lain jauh di atas yakni USD 71,80 per barel.

Dengan program RDMP yang terus berjalan, kilang Pertamina juga menjadi lebih fleksible mengolah berbagai jenis minyak mentah.

Sehingga kata Taufik, rata-rata Net Cash Margin (NCM) Pertamina sangat positif, sebesar USD 4,88 per barel. Keberhasilan ini bahkan jauh dibandingkan dengan Malaysia Pertronas USD 1,56 per barel.

“Upaya menekan biaya operasi salah satunya dengan penurunkan biaya pembelian crude, karena porsi terbesar dalam produksi BBM adalah biaya pembelian minyak mentah yang mencapai 92 persen dari Biaya Pokok Produksi,” pungkasnya.

Langit Memerah hingga Buat Panik Warga, Tangki Pertalite di Pertamina Balongan Indramayu Meledak

Langit Memerah hingga Buat Panik Warga, Tangki Pertalite di Pertamina Balongan Indramayu Meledak

Harga Pertamax Ikutan Naik Padahal Bukan BBM Subsidi, Ini Penjelasan Pertamina

Sejumlah Buruh Geruduk Kantor Pemkot dan Pertamina Batam, Minta Batalkan Kenaikan Harga BBM

PMK Gelar Simulasi Penanganan Laka di Malang, Truk Tangki Pertamina Terbakar seusai Ditabrak

Beda dengan Pertamina, BBM yang Dijual di SPBU Vivo Cuma Rp 8.900 per Liter, Kini Diserbu Masyarakat

Alasan Pertamina Ikut Naikkan Harga Pertamax Meski Bukan BBM Subsidi seperti Pertalite dan Solar

Bripka RR Akui Tak Bersalah, Siap Ketemu Ferdy Sambo di Sidang Offline Kasus Pembunuhan Brigadir J

Ratu Elizabeth II Meninggal, Ratusan Sopir Taksi Inggris Penuhi Jalan Beri Penghormatan Mengharukan

Unggah Foto Mesra dengan Istri Pelaku di Story WhatsApp, Pria Dibunuh di Tempat Potong Rambut

Alasan Bripka Ricky Rizal Tolak Perintah Ferdy Sambo untuk Tembak Brigadir J

Komnas Perlindungan Anak Tangani Kasus Rudapaksa Siswi SD di Medan, Segera Lakukan Investigasi

Dianggap Lakukan Pelanggaran Sedang dalam Kasus Brigadir J, AKP Dyah Chandrawati Tak Dipecat