radarutama.comTRIBUNNEWS.COM, NEW YORK – Google berencana meluncurkan serangkaian pembaruan fitur baru untuk meningkatkan aksesibilitas , personalisasi, dan produktivitas di perangkat Android .

Dilansir dari The Verge, Jumat (9/9/2022) Google mengumumkan bahwa Nearby Share akan mendapat pembaruan baru, yang memudahkan pengguna untuk mengirim file antar perangkat.

“Setelah Anda memilih untuk menggunakan fitur baru di ponsel atau tablet Android Anda, semua transfer antar perangkat ini akan diterima secara otomatis, meskipun layar Anda dimatikan,” kata Google .

Tanggal peluncuran dari fitur self-share belum diumumkan, tetapi Google mengatakan fitur tersebut akan dapat dinikmati oleh pengguna Android dalam beberapa minggu ke depan.

Selain itu, pembaruan baru juga akan meningkatkan aksesibilitas di berbagai layanan Google .

Google Drive dan Keep mendapatkan widget yang didesain ulang untuk perangkat dengan layar lebih besar, yang akan memberikan akses sekali sentuh kepada pengguna tablet Android ke file Dokumen, Slide, dan Spreadsheet dalam widget Google Drive, sedangkan widget Keep akan mendapat pembaruan dalam ukuran font.

“Bagi Anda yang menggunakan Google TV, layanan ini juga akan memiliki perpustakaan konten yang dikuratori dengan deskripsi audio yang dapat Anda temukan baik dengan mencari layanan secara manual atau menggunakan Asisten Google yang dikontrol suara,” ungkap Google .

Di sisi lain, pengguna Google Meet akan memiliki akses ke multi-pin selama panggilan, yang memungkinkan pengguna untuk tetap memperhatikan beberapa orang tertentu dalam rapat grup yang lebih besar.

Google Meet juga memperkenalkan pengalaman berbagi langsung, seperti game dan menonton bersama di perangkat seluler dan tablet Android .

Fitur ini dapat digunakan untuk memainkan game klasik seperti Uno, Kahoot!, dan Heads Up!, serta menonton konten YouTube dengan maksimal 100 orang sekaligus.

Kemudian, pesan teks di perangkat Android juga akan mendapatkan pembaruan “emoji cerdas” di Gboard, dan Android akan meningkatkan emoji untuk fitur ini dengan merilis mashup emoji baru yang akan tersedia sebagai stiker.