radarutama.comPIKIRAN RAKYAT- Kematian Ratu Elizabeth II menggemparkan seluruh keluarga dan Negara Inggris bahkan seluruh dunia.

Menurut berbagai sumber, rencana pemakaman ratu Elizabeth II digadang-gadang akan dilaksanakan 19 September 2022 mendatang.

Kematian Ratu Elizabeth II menggerakkan rencana matang yang diasah dan direncanakan hingga detail terakhir selama beberapa dekade.

Pemakaman kenegaraan diperkirakan akan berlangsung di Westminster Abbey dengan kerumunan besar berkumpul di pusat kota London pada 19 September 2022.

Anggota senior keluarga kerajaan kemungkinan akan berjalan di belakang peti mati saat dibawa dengan kereta api ke biara dengan keheningan dua menit yang diamati.

Setelah itu, peti mati ratu akan dibawa ke Kastil Windsor untuk layanan komitmen yang disiarkan televisi di Kapel St George.

Dia kemudian akan dimakamkan secara pribadi di kapel peringatan Raja George VI, bersama suaminya, Pangeran Philip, abu saudara perempuannya Putri Margaret, ibu mereka, juga disebut Elizabeth, dan ayah George VI.

Ratu Elizabeth II , raja terlama dalam sejarah Inggris, meninggal pada hari Kamis. Dia berusia 96 tahun.

Istana Buckingham mengumumkan kematiannya dalam sebuah pernyataan singkat.

Dan memicu 10 hari berkabung nasional dan curahan upeti untuk umur panjang dan pemerintahannya yang memecahkan rekor.

Anak tertua dari empat anaknya, Charles, Pangeran Wales, yang pada usia 73 tahun adalah pewaris tertua dalam sejarah Inggris, langsung menjadi raja.

Dia akan dikenal sebagai Raja Charles III, raja pertama dengan nama itu yang duduk di atas takhta sejak 1685.

Charles sendiri menyebut kematian ibunya sebagai “momen kesedihan terbesar bagi saya dan semua anggota keluarga saya”.***