KBRI Beijing terbitkan visa bagi 221 jurnalis China peliput KTT G20

radarutama.com – Kedutaan Besar RI di Beijing telah mengeluarkan visa bagi 221 wartawan dari berbagai media yang berafiliasi dengan pemerintah China untuk melakukan kegiatan peliputan Konferensi Tingkat Tinggi G20 di Bali pada November 2022.

“Hal tersebut merupakan wujud nyata dukungan dari pemerintah Tiongkok yang harus kami apresiasi,” kata Duta Besar RI untuk China Djauhari Oratmangun di Beijing, Sabtu.

Sebelumnya, China juga mendukung program-program yang dikerjakan Indonesia dalam kapasitasnya sebagai Ketua G20.

Koordinator Fungsi Penerangan Sosial dan Budaya KBRI Beijing Dewi Avilia menjelaskan bahwa ke-221 wartawan itu terdiri dari 118 jurnalis yang akan mendampingi delegasi China selama KTT G20 berlangsung dan 103 jurnalis lainnya berangkat bersama dengan Kementerian Luar Negeri China (MFA) ke Bali.

Selain itu, KBRI Beijing juga menerbitkan visa untuk 36 wartawan dari berbagai media di China, termasuk CGTN, dan sekitar 10 wartawan dari enam kantor berita asing yang memiliki perwakilan di Beijing.

“Bagi jurnalis yang berangkat pada tanggal 1 hingga 18 November bisa langsung datang ke Indonesia melalui kebijakan bebas visa,” kata Dewi.

Namun, sebelum berangkat menuju Indonesia, kata dia, awak media yang menggunakan jalur bebas visa harus menunjukkan kartu identitas pers, dokumen perjalanan, surat akreditasi dari panitia KTT G20 Bali, surat pernyataan mematuhi protokol kesehatan antipandemi, surat keterangan dari KBRI, dan daftar peralatan kerja yang akan digunakan (list of equipments).

Saat ini, sudah banyak jadwal penerbangan komersial dari China ke Indonesia. Cathay Air bahkan hampir setiap hari melayani para penumpang dari China ke Indonesia melalui Hong Kong.

Maskapai penerbangan China, seperti Air China, China Southern Airlines, dan Xiamen Airlines, juga telah memulai melayani rute China-Indonesia.

Garuda Airlines, Citilink, Lion Air, dan Sriwijaya Air juga sudah melayani penerbangan dari Bandar Udara Internasional Soekarno Hatta, Tangerang, ke berbagai kota di China.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *