Kunjungi Markas Kostrad, Ketua MPR RI Bamsoet Serahkan Bantuan 10 Motor listrik Bike Smart Elektrik

radarutama.com – “Pasukan militer di beberapa negara sudah menggunakan kendaraan listrik untuk mobilitasnya. Misalnya Angkatan Darat Australia, yang sudah menguji coba sepeda listrik Sur Ron Firefly yang mampu menerobos jalur yang sempit dengan nyaman. Kendaraan listrik memiliki keunggulan untuk dipakai sebagai kendaraan operasional militer. Antara lain karena suara mesin yang senyap, bisa digunakan dalam segala cuaca dan medan, ringan dan mudah bermanuver, serta tidak menghasilkan panas berlebih,” ujar Bamsoet saat menyerahkan 10 unit motor listrik BS Elektrik kepada Pangkostrad Letnan TNI Jenderal Maruli Simanjuntak yang didampingi jajaran Pejabat Utama Kostrad , di Markas Kostrad , Jakarta, Jumat (28/10/22).

Ketua DPR RI ke-20 dan mantan Ketua Komisi III DPR RI bidang Hukum, HAM, dan Keamanan ini menjelaskan, BS Elektrik merupakan kendaraan motor listrik yang diproduksi di Surabaya, Jawa Timur. Selain ramah lingkungan karena tidak menyebabkan polusi udara, BS Elektrik juga ramah ‘kantong’ karena harga jualnya yang sangat terjangkau, dibawah Rp 10 juta.

“Walaupun bermotor listrik, kecepatannya tidak kalah dengan motor konvensional, bisa mencapai 45-60 Km/jam. Kebutuhan chargingnya tidak terlalu memakan waktu, cukup 6-8 jam baterai sudah terisi penuh. Jadi bisa diisi malam hari, pagi harinya bisa digunakan kembali untuk menunjang aktivitas masyarakat,” jelas Bamsoet .

Wakil Ketua Umum Partai Golkar dan Kepala Badan Hubungan Penegakan Hukum, Pertahanan dan Keamanan KADIN Indonesia ini menerangkan, hibah 10 unit BS Elektrik kepada Kostrad tersebut juga sebagai dukungan terhadap langkah Presiden Joko Widodo yang menargetkan jumlah sepeda motor listrik di Indonesia pada tahun 2025 bisa menembus 2 juta unit, dan pada tahun 2030 mencapai 13 juta unit. Fokus pemerintah mempercepat migrasi sepeda motor listrik sangat tepat. Mengingat dari sekitar 149,7 juta unit kendaraan yang ada di Indonesia, sebanyak 119-133 juta unit diantaranya merupakan sepeda motor. Diperkirakan setiap tahunnya, 1 unit sepeda motor menghabiskan sekitar Rp 3,7 juta hingga Rp 5 juta subsidi BBM.

“Target 2 juta hingga 13 juta unit sepeda motor listrik sangat mudah direalisasikan. Mengingat pangsa pasarnya sangat luas, dari jumlah ojek online (Ojol) saja sudah mencapai sekitar 4 juta pengemudi. Pemerintah bisa bekerjasama dengan pengemudi Ojol, berikan mereka sepeda motor listrik yang layak pakai, dengan cicilan yang tidak memberatkan. BS Elektrik pernah menghitung, jika bekerjasama dengan Ojol, mereka bisa memberikan cicilan Rp 5 ribu per hari, sehingga tidak memberatkan Ojol. Dengan bermigrasi ke sepeda motor listrik, kehidupan Ojol juga bisa terbantu, karena tidak perlu mengeluarkan biaya untuk service kendaraan, sehingga bisa dialihkan untuk memenuhi pendidikan, kesehatan, ataupun kebutuhan hidup lainnya,” pungkas Bamsoet . (*)

Dokar Listrik SMKN 5 Mataram Jadi Bintang di Internasional Motor Show, Dijajal Langsung oleh Bamsoet

Privacy Policy

We do not collect identifiable data about you if you are viewing from the EU countries.For more information about our privacy policy, click here

Dokar Listrik SMKN 5 Mataram Jadi Bintang di Internasional Motor Show, Dijajal Langsung oleh Bamsoet

Bamsoet Keluhkan Tumpang Tindih Regulasi Kendaraan Listrik, PLN dan ESDM Jalan Sendiri-sendiri

Wakil Ketua MPR Ukraina Kunjungi Puan Maharani dan Airlangga, Perjuangkan Perdamaian dengan Rusia

KTT Organisasi Kerjasama Islam OKI Digelar di Tiga Lokasi di Bandung, Dihadiri Gubernur Jabar

Bamsoet Beberkan Partai Golkar Putuskan Airlangga Hartarto Jadi Bakal Capres, Ada 2 Partai Bergabung

Siap Gelar Sidang Tahunan Besok, MPR Bakal Sampaikan Perkembangan Pembahasan PPHN

Konser Berdendang Bergoyang Disetop karena Overload dan Berdesak-desakan hingga Ada yang Pingsan

Momen Rukka Sombolinggi Kembali Terpilih Jadi Sekjen AMAN Periode 2022-2027, Berikan Sambutan

Pengakuan Tersangka Pembunuhan di Musi Rawas, Beraksi karena Kesal Korban Kerap Minta Uang ke Pelaku

Detik-detik Tragedi Pesta Halloween, Penuh Teriakan Pilu hingga Sebut Gang-gang bagai ‘Kuburan’

Sosok Tenaga Medis di Tragedi Pesta Halloween Itaewon Minta Bantuan Warga Beri Pertolongan Pertama

Suasana Mencekam saat Pesta Halloween di Itaewon, Berdesakan dan Terjebak dalam Kerumunan Massa

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *